Mau Rumah Tampil Minimalis? Hindari Furnitur Ini!

Oleh Fathia Azkia pada 20 Sep 2017, 20:07 WIB
rumah minimalis

Liputan6.com, Jakarta Jika hendak mengusung nuansa rumah yang minimalis, itu artinya Anda harus mampu memilah perabotan mana yang bisa digunakan dan yang tidak. Lebih dari itu, perabotan wajib mencirikan sesuatu yang simpel dan tidak memakan banyak tempat.

Apalagi rumah minimalis sekarang cenderung mungil dan tak menyisakan banyak lahan. Melansir Rumah.com, supaya tak membuat area di rumah menjadi semakin sempit, saatnya Anda menyingkirkan barang-barang berikut ini dari rumah minimalis Anda.

Kardus bekas pindahan

Jika melihat ada kardus bekas yang masih belum dibuka, segera periksa isinya. Simpan barang yang memang dibutuhkan dan singkirkan barang yang tak lagi akan digunakan.

Sementara untuk kardusnya, segera lipat dan simpan atau Anda bisa menjualnya kepada tukang loak. Jangan pernah menyimpan kardus yang belum dibuka, karena Anda pasti akan lupa dan tak pernah membukanya hingga suatu saat pindahan lagi.

Baca juga: 4 Jenis Sofa yang Pas untuk Rumah Minimalis Anda

Lemari tua

Boleh saja orangtua bersikeras meminta Anda menyimpannya karena lemari tersebut menggunakan kayu jati. Tapi jika melihat modelnya yang tak lagi up to date dan tak sesuai dengan rumah modern Anda, sebaiknya singkirkan saja.

Anda bisa menjualnya kepada penyuka barang antik atau mengubahnya menjadi lemari yang lebih modern.

Kasur bekas

Tak perlu mengoleksi kasur jika memang Anda jarang didatangi keluarga untuk menginap atau bertamu. Kasur bekas yang tidak disingkirkan hanya membuat rumah penuh dan menimbulkan tungau.

Segera hibahkan kasur bekas atau tanyakan kepada toko atau distributor kasur, apakah ada yang mau menukar kasur bekas dengan kasur baru.

Mesin jahit tua

Menyimpan mesin jahit peninggalan nenek Anda, apalagi jika Anda memang tak bisa menjahit, adalah kesalahan besar. Bukan saja belum tentu bisa digunakan, kini mesin jahit modern jauh lebih hemat tempat dan modelnya lebih keren.

Simak juga: Rumah Baru Dibawah Rp500 Juta Kian Bertebaran

Rak piring aluminium

Rumah zaman dahulu, seperti rumah yang dimiliki orang tua Anda, tentunya lebih besar sehingga memiliki dapur bersih dan kotor. Dapur kotor cenderung dilengkapi rak piring aluminium yang besar untuk menyimpan piring yang baru saja dicuci.

Bila rumah Anda mungil dan anggota keluarga hanya sedikit, rak ini sebetulnya tak terlalu dibutuhkan. Lebih baik simpan alat makan di lemari kitchen set, sehingga lebih aman dari terpaan debu.

Tumpukan buku dan koleksi DVD

Masih menyimpan DVD? Yakin masih ingin menontonnya? Jika tidak, saatnya singkirkan koleksi DVD dan buku Anda yang sudah berjamur atau menguning setiap lembar halamannya.

Anda tetap dapat menyimpan film dengan mengunduhnya di internet, dan jika hobi membaca, men-download e-book bisa jadi pilihan.

Sofa kulit

Bukan hanya nggak matching dengan rumah modern dan minimalis, sofa kulit juga mahal untuk pemeliharaannya. Jika Anda termasuk orang yang jarang ada di rumah dan malas memoles sofa kulit Anda, dijamin sofa ini akan mudah kusam.