Anak Kos Wajib Punya 6 Senjata Bersih-Bersih ini!

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 13 Sep 2017, 11:29 WIB
20170913-tips membersihkan kamar kos yang berantakan

Liputan6.com, Jakarta Tinggal jauh dari orang tua nyatanya tak semudah yang dibayangkan, apalagi menyangkut soal bersih-bersih. Semua anak kos dijamin pasti pernah merasakan mager buat membersihkan kamar kosnya yang berantakan.

(Baca juga: Punya Teman Kos Pemalas? Coba Trik Ini!)

Saking malasnya, kamar kos yang berantakan kerap dibiarkan hingga berhari-hari. Sementara saat akhir pekan akhirnya habis hanya untuk main, tidur, atau pulang ke rumah ortu. Bagi Anda yang tinggal ngekos, cobalah hilangkan kebiasaan buruk malas bersih-bersih.

Selain bikin kamar tidak nyaman, kamar yang kotor juga bikin Anda tidak produktif. Sebenarnya tak perlu waktu lama untuk membersihkan kamar kos, asalkan Anda memiliki enam senjata bersih-bersih ala Rumah.com berikut ini.

1. Sapu dan pengki

Dua alat ini merupakan peralatan paling standar yang wajib Anda miliki untuk membersihkan debu dan kotoran di lantai. Anda hanya perlu waktu kurang dari 10 menit saja untuk membersihkan kamar kos berukuran standar.

Sapu tradisional biasanya terbuat dari ijuk, tapi sekarang Anda dapat memilih sapu dengan ‘ijuk’ berbahan olahan plastic. Ijuk plastik lebih baik karena tidak rentan rontok dan ruangan pun jadi lebih cepat bersih. Sementara pengki akan memudahkan Anda mengumpulkan debu dan kotoran sehingga tidak menyebar ke mana-mana.

2. Kain lap

Kain lap sangat penting untuk membersihkan bagian permukaan perabotan seperti meja, kursi, lemari, ornamen, dan sebagainya dari partikel halus seperti debu. Anda dapat memilih lap berbahan kaus yang mudah mengangkat debu meski permukaannya kering.

Anda bisa juga menggunakan lap microfiber yang merupakan campuran dari bahan polyster dan nylon. Harganya cenderung lebih mahal, tetapi lebih awet dan dapat membersihkan kotoran secara menyeluruh dibandingkan lap kain biasa.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kanebo untuk membersihkan perabot. Dengan sedikit air kanebo dapat membersihkan debu-debu yang menempel pada perabot dengan lebih cepat.

Peralatan Bersih-bersih Wajib

3. Sikat dan karbol

Dua alat kebersihan ini wajib Anda miliki, terutama bagi Anda yang memiliki kamar mandi di dalam. Karbol akan membantu mengangkat kotoran pada lantai kamar mandi. Agar lebih cepat membersihkan kamar mandi, sebaiknya siram karbol ke lantai kamar mandi 30 menit sebelumnya.

Tujuannya agar kotoran lebih banyak terangkat sehingga Anda tidak membutuhkan tenaga yang banyak saat menyikat. Pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat dilakukan. Setelah menyikat, bilas lantai hingga bersih.

4. Lap pel

Pembersih lantai ini wajib nongkrong di kamar kos Anda untuk menjaga kebersihan lantai. Lantai yang sudah disapu terkadang masih terlihat kotor akibat debu dan kotoran yang kembali lagi karena tersapu angin.

Mengepel lantai merupakan langkah untuk menyempurnakan kebersihan kamar kos Anda. Tak perlu setiap hari, untuk kamar kos ukuran standar cukup mengepel 2-3 hari sekali.

5. Tempat sampah

Tempat sampah berfungsi menjaga ruangan tetap bersih. Anda sering malas ke luar kamar untuk membuang sampah sehingga memilih menaruh sampah di dalam kamar di tempat yang berbeda-beda.

(Simak juga: Ragam pilihan rumah atau apartemen dengan harga di bawah Rp200 jutaan)

Jika memiliki tempat sampah hal ini tak akan terjadi. Anda dapat langsung membuangnya di satu tempat. Setelah tong sampah penuh barulah buang ke tempat sampah utama di luar kamar. Cara ini dijamin bikin kamar bersih selalu.

6. Storage box

Sediakan kotak penyimpanan khusus di pojok kamar. Kotak penyimpanan memang bukan alat kebersihan, tetapi ini sangat penting dan bisa menjadi pilihan terakhir bagi Anda yang malas membersihkan kamar kos.

Kotak ini berguna untuk menyimpan barang-barang yang berserakan untuk sementara waktu. Hanya dalam 5 menit, kamar yang berantakan dapat berubah menjadi rapi. Nantinya Anda tinggal merapikan barang-barang di kotak ke tempat semula jika suasana hati sedang semangat untuk beres-beres kamar.

 

Dian Probowati