Langkah Mudah Tanam Cabai di Rumah

Oleh boyleonard pada 08 Sep 2017, 20:00 WIB
Ini Manfaat Sehat Daun Cabai

Liputan6.com, Jakarta Boleh dibilang menu harian Anda tentu tak bisa jauh dari cabai. Rasanya ada yang kurang jika tidak ada pedas dalam makanan yang diasup setiap harinya. Tak heran jika permintaan cabai cenderung tinggi. Bahkan, Anda pun sebisa mungkin memiliki stok cabai di rumah.

Tapi, daripada bergantung pada supermarket atau pasar yang harganya fluktuatif, cobalah untuk menanam cabai sendiri. Minimal Anda dapat menggunakannya untuk konsumsi pribadi. Dilansir Rumah.com, ini dia caranya.

Baca juga: Yuk, Tanam Sayur yang Bisa Dikontrol Lewat Smartphone!

Siapkan wadah

Jika lahan di rumah terbatas, Anda dapat menggunakan pot. Agar tak membuang seluruh barang bekas, pot dapat diganti dengan polybag, kaleng bekas, pot plastik bekas, atau bekas ember yang sudah dilubangi bagian bawahnya.

Lubang ini berguna agar air tidak menggenang di bagian bawah wadah, dan sebaiknya ada 4–8 lubang untuk setiap pot.

Bikin media tanam

Setelah menyiapkan pot, selanjutnya siapkanlah media tanam berupa campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang.

Anda juga boleh mengubahnya dengan tanah, sekam, dan pupuk kandang. Aduk campuran media tanam hingga rata. Dalam memilih pupuk kandang yang sehat, Anda harus memerhatikan teksturnya yang kering dan nggak berbau.

Lihat juga: Lima Rumah Dekat dengan Taman Kota di Pinggir Jakarta

Rendam bibit cabai

Bibit cabai biasanya berupa biji dan sebelum ditanam harus disemai dahulu. Rendam benih ke dalam air dan buanglah benih yang terapung karena benih ini sudah mati dan hanya berupa ampasnya. Lalu, bungkus benih dengan kertas selama satu hari hingga kering dan siap disemai.

Semai bibit cabai

Penyemaian dilakukan untuk memudahkan penanaman sehingga benih dapat tumbuh dengan optimal. Caranya masukkan media tanam ke dalam polybag lalu buat lubang di tengah media tanam yang sudah di dalam pot tadi.

Masukkan benih cabai ke dalam lubang lalu tutup dengan karung goni basah selama tiga hari. Letakkan polibag di bawah sinar matahari yang sejuk, bukan terik.

Letakkan dalam pot

Setelah tumbuh daun dan batang mungil pada polybag, biasanya setelah 7 hari, pindahkan ke dalam pot yang sudah Anda siapkan lalu siram.

Siram tanaman cabai 1-2 kali per hari saat matahari bersinar sejuk seperti pagi dan sore hari. Lalu, tambahkan pupuk NPK 1-2 minggu sekali agar tanahnya tetap subur dan kaya mineral.