4 Ide Dekorasi untuk Rumah Minimalis

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 30 Agu 2017, 19:25 WIB
20170830-dekorasi rumah minimalis

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rumah minimalis seakan tak pernah membosankan. Selain membuat rumah jadi terlihat lebih lapang, dekorasi minimalis juga memberikan suasana yang nyaman dan clean, sehingga bikin Anda betah berlama-lama ada di dalam rumah.

(Baca juga: 4 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Rumah Minimalis)

Nah, jika Anda baru mulai mendekorasi rumah mungil bergaya minimalis, alternatif dekorasi dari Rumah.com berikut ini bisa menjadi pilihan.

Ruang keluarga

Gunakan ruang keluarga sepenuhnya sebagai tempat bersantai

Karpet monokrom—bukan yang penuh corak—akan menambah suasana hangat di ruang keluarga Anda.

Gunakan ruang keluarga sepenuhnya sebagai tempat bersantai dan mengobrol dengan keluarga sambil menikmati TV. Membiarkan dinding berwarna putih akan memberikan kesan lapang meski sebenarnya ukuran ruang keluarga ini mungil.

Gunakan sofa panjang berwarna lembut sebagai tempat duduk dan tambahkan meja kopi kecil di depannya. Karpet monokrom—bukan yang penuh corak—akan menambah suasana hangat di ruang keluarga Anda.

Kamar tidur

pilih dipan yang tanpa kepala.

Jangan membiasakan meletakkan TV di dalam kamar karena berisiko membuat Anda susah tidur sekaligus mempersempit kamar.

Agar kamar tidak menjadi sempit, pilihlah ranjang yang sesuai dengan luas kamar Anda. Jika memang tak memungkinkan adanya kepala ranjang, pilih dipan yang tanpa kepala.

Pilihan seprai pun sebaiknya jangan di luar warna cerah, gunanya selain membuat kamar menjadi terang dan cerah, seprai warna lembut tidak akan mengundang nyamuk. Jangan membiasakan meletakkan TV di dalam kamar karena berisiko membuat Anda susah tidur sekaligus mempersempit kamar.

(Simak juga: Aneka pilihan rumah bergaya minimalis dengan harga di bawah Rp500 juta)

Kamar mandi

Mandi dengan shower jauh lebih menghemat air

Bedakan area basah—tempat shower berada—dengan area kering yang biasanya diletakkan wastafel dan toilet agar kamar mandi tetap bersih.

Mandi dengan shower jauh lebih menghemat air dibandingkan mandi dengan menyiramkan air melalui gayung. Kamar mandi tanpa bak pun cenderung lebih luas.

Bedakan area basah—tempat shower berada—dengan area kering yang biasanya diletakkan wastafel dan toilet agar kamar mandi tetap bersih. Gunakan warna netral seperti putih dan abu-abu untuk membuat suasana kamar mandi tetap terang.

Ruang makan dan dapur

Jagalah kebersihan dapur agar suasana makan tetap nyaman.

Meja makan pun sebaiknya menggunakan meja makan panjang yang mungil untuk menghemat luasnya ruangan.

Terbatasnya ruang membuat ruang makan Anda harus disatukan dengan dapur. Jagalah kebersihan dapur agar suasana makan tetap nyaman. Pilihlah furnitur berwarna cerah seperti cokelat atau abu-abu untuk mengisi ruang makan Anda.

Warna yang terlalu mencolok akan memberikan kesan sempit. Meja makan pun sebaiknya menggunakan meja makan panjang yang mungil—bisa digunakan oleh empat orang—untuk menghemat luasnya ruangan.

 

Foto: Pinterest

Rina Susanto

mandiri amanahmandiri amanah

Bermanfaat sekali artikelnya