Cara Mudah Memilih Warna Cat untuk Interior Rumah Anda

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 22 Agu 2017, 11:00 WIB
Cara Mudah Memilih Warna Cat untuk Interior Rumah Anda

Liputan6.com, Jakarta RumahCom - Dinding  setiap ruangan rumah sebaiknya diberikan pewarnaan yang berbeda. Selain untuk memberikan keindahan, perbedaan warna cat dinding  secara psikologis juga bisa memengaruhi suasana hati yang berbeda pula.

Kehangatan di Ruang Tamu dan Keluarga

Ruang tamu dan ruang keluarga identik dengan tempat berkumpul. Di ruangan ini, suasana keluarga yang penuh dengan kehangatan lebih banyak muncul. Rata-rata penghuni rumah memilih warna-warna netral untuk ruangan ini. Seperti putih, abu-abu, atau beige yang lembut.

Mewarnai tembok ruang tamu dengan  warna-warna cat netral cocok untuk Anda yang lebih memilih bermain aman dalam hal mendekorasi rumah. Karena warna netral mudah dikombinasikan dengan furnitur atau hiasan rumah dengan jenis warna apa saja. Kelemahannya, warna netral lebih bersifat umum sehingga seringkali dianggap tak menarik.

Warna netral mudah dikombinasikan dengan furnitur atau hiasan rumahWarna netral mudah dikombinasikan dengan furnitur atau hiasan rumah

Warna-warna berani dan kuat seperti merah, lemon, atau warna-warna terang lainnya cocok untuk Anda yang menyukai suasana modern. Kekuatan dari jenis warna ini adalah bisa memadukan kekontrasan dengan warna-warna furnitur pelengkapnya.

Untuk menghadirkan suasana yang lebih hangat, Anda bisa memilih warna emas, coklat keemasan, atau warna-warna tembaga.

Lebih Relaks di Kamar Tidur

Lebih banyak digunakan sebagai tempat istirahat, warna cat tembok kamar tidur sebaiknya bisa menghadirkan nuansa atau suasana relaksasi, terlebih jika cat yang digunakan tidak mengandung merkuri dan timbal sehingga berisirahat bisa lebih sehat. Tujuannya agar si penghuni kamar bisa menemukan kenyamanan dan ketenangan saat beristirahat di kamar tidurnya.

Pemilihan warna-warna pastel yang kalem sangat dianjurkan untuk cat tembok kamar tidur. Anda bisa memilih warna biru langit, hijau pastel, atau warna-warna beige. Pilihan warna lainnya bisa menyesuaikan dengan warna kesukaan si pemilik kamar.

Warna cat tembok kamar tidur sebaiknya bisa menghadirkan nuansa atau suasana relaksasiWarna cat tembok kamar tidur sebaiknya bisa menghadirkan nuansa atau suasana relaksasi

Jika Anda senang berekspresi, menggunakan kombinasi dua warna untuk cat tembok kamar tidur juga dianjurkan. Namun, mengkombinasikan dua warna membutuhkan kejelian. Karena tak semua warna cocok dikombinasikan dengan warna lainnya. Sebaiknya pilih kombinasi dari warna yang masih memiliki satu tone atau satu rumpun.

Banyak yang mengatakan jika warna-warna lembut lebih cocok untuk wanita, sedangkan pria lebih pas dengan warna-warna berani. Faktanya, anggapan ini tak selamanya benar. Yang lebih bisa membedakan antara kamar tidur pria dan wanita adalah hiasan rumah atau pelengkap dekorasinya.

Semangat di Ruang Dapur

Dapur merupakan tempat berkreativitas. Ya, karena saat memasak Anda membutuhkan kreativitas untuk menghasilkan masakan yang lezat dan disukai keluarga. Namun penghuni rumah kerap mengabaikan pemilihan warna cat tembok dapurnya.

Seringkali dijumpai beberapa rumah menghiasi dinding dapurnya dengan warna-warna netral seperti putih. Padahal warna putih tidak dianjurkan untuk dinding dapur karena mudah menyerap kotor dan kusam.

Karena berkaitan erat dengan semangat dan kreativitas, dianjurkan memilih warna-warna terang dan kontrasKarena berkaitan erat dengan semangat dan kreativitas, dianjurkan memilih warna-warna terang dan kontras

Dinding di ruang dapur juga cenderung mudah lembap dan mengeluarkan jamur  karena sering terpapar asap dan berbagai percikan saat memasak. Anda dianjurkan untuk menggunakan produk cat yang mudah dibersihkan.

Karena berkaitan erat dengan semangat dan kreativitas, maka untuk mewarnai dinding dapur Anda dianjurkan memilih warna-warna terang dan kontras. Untuk ruang dapur dengan ukuran terbatas atau minimalis, warna-warna tersebut juga bisa memberikan kesan luas. Jangan sekali-kali menggunakan warna gelas untuk dapur Anda, karena akan membuatnya terasa sumpek dan sempit.

Untuk menciptakan keindahan di ruangan dapur Anda, sebaiknya perhatikan juga pemilihan warna furniturnya. Seperti meja, lemari kabinet, hingga dishwash sink. Kombinasi yang pas antara furnitur dapur dengan warna dindingnya bisa menghasilkan suasana dapur yang nyaman untuk memasak.