Apartemen Studio Juga Bisa Terasa Lega. Begini Caranya!

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 08 Agu 2017, 12:59 WIB
20170808-bikin apartemen sempit jadi lega

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini tipe hunian yang praktis dan minimalis tengah digandrungi oleh kelompok usia produktif, seperti generasi milenial. Selain sesuai dengan gaya hidup, perawatannya juga relatif lebih mudah ketimbang tinggal di hunian mewah dan luas.

(Baca juga: Bingung Menata Televisi di Apartemen Sempit? Ini Tipsnya!)

Apartemen tipe studio pun menjadi tipe hunian favorit karena harganya juga cukup terjangkau. Biasanya pekerja lajang atau pasangan muda memilih unit studio sebagai tempat tinggal karena dekat dari lokasi kerja.

Meski demikian, menata unit studio agar terkesan luas dan rapi bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada banyak tantangan, mulai dari tempat penyimpanan barang yang kurang luas sampai dengan ruang gerak yang terbatas jika mengundang tamu.

Nah, untuk menata unit studio yang sempit supaya terkesan lega dan lebih nyaman ditempati, simak tips dari Rumah.com berikut ini.

Cerahkan Ruangan

Sejumlah dekorator interior profesional menyarankan bahwa warna lantai yang terang bisa membuat hunian Anda terasa lebih luas dan cerah. Sama halnya dengan fesyen, pilihan warna gelap bisa memberi kesan ramping pada badan.

Nah, jika unit apartemen Anda tidak mau terlihat sempit dan kecil, maka jauhi warna gelap untuk mendekorasi lantai ruangan. Cara paling mudah adalah dengan menambahkan karpet colorful di ruangan.

Kesan Transparan

Kita semua tentu tahu bahwa furnitur yang terlalu besar bisa membuat ruangan terkesan mengecil. Akan tetapi bagaimana kalau furnitur tersebut diberi kesan hilang?

Seperti contoh lemari dari bahan kaca atau kontainer berbahan plastik transparan. Lemari atau laci besar transparan tersebut bisa digantungkan di dinding supaya terkesan rapi dan bersih.

Item Multifungsi

Belakangan ini beberapa perabot didesain dengan fungsi ganda. Misalnya sofabed yang bisa dijadikan sofa dan ranjang kasur. Atau sebuah lemari geser yang berada di bawah rangka kasur.

(Simak juga: Pilihan apartemen murah di bawah Rp200 juta)

Masih banyak lagi item multifungsi yang bisa Anda manfaatkan untuk menghemat ruang penyimpanan di unit studio.

Maksimalkan Area Vertikal

Manfaatkan dinding atau area vertikal lain sebagai tempat penyimpanan. Selain rak ambalan dan laci, Anda juga bisa menggantungkan sepeda, koleksi tas, sepatu, dan lain sebagainya.

Untuk koleksi benda kecil sebaiknya ditata terlebih dulu ke dalam rak susun gantung supaya terlihat rapi dan tetap terjaga bersih.

Ilusi Ruangan Tinggi

Beberapa unit studio tidak mempunyai plafon yang cukup tinggi, namun Anda bisa menghadirkan kesan tersebut dengan sebuah trik. Lakukan pengecatan dibagian ujung plafon setidaknya 3 cm dengan warna yang sama dengan cat dinding.

Garis ekstra tersebut bisa membuat mata refleks melihat area langit-langit dan memberi efek plafon yang lebih tinggi.

Hilangkan aksesoris kecil

Memajang koleksi benda atau aksesoris berukuran kecil di ruangan sempit bukanlah ide yang bagus. Pastikan rak ambalan dan meja bersih dari objek kecil yang membuat mata fokus kesana.

Dengan membuat ruangan bersih dan simpel dari aksesoris perintilan, unit studio akan terasa lebih luas dari ukuran sebenarnya.

 

Isnaini Khoirunisa