Dari Pupuk Sampai Pemutih Pakaian, Inilah Manfaat Cangkang Telur

Oleh boyleonard pada 07 Agu 2017, 19:26 WIB
20170807-manfaat cangkang kulit telur-rumahcom-boy

Liputan6.com, Jakarta Jangan anggap remeh manfaat kulit telur. Jika biasanya Anda langsung membuang kulit telur setelah mengeluarkan isinya, kini cobalah mulai mengumpulkan sampah cangkang telur.

Banyak sekali inspirasi untuk membersihkan rumah dengan barang-barang bekas, termasuk kulit telur. Sampah cangkang telur memang memiliki banyak manfaat terutama untuk keperluan rumah tangga. Simak beberapa manfaat berikut yang mungkin belum Anda ketahui, dikutip dari Rumah.com.

Membuat hiasan dinding

Tahukah Anda bahwa sampah cangkang telur ini dapat memiliki nilai jual tinggi setelah diolah menjadi sebuah hiasan. Caranya cukup mudah. Pertama, bersihkan cangkang dengan cara mencuci, lalu hancurkan tetapi jangan sampai terlalu kecil. Siapkan pigura polos atau vas tanah liat polos untuk dihias.

Tempelkan cangkag telur  pada pigura dan vas menggunakan lem hingga memenuhi seluruh permukaan. Untuk menambah menarik tampilan, setelah kering Anda dapat mewarnainya.

Pupuk

Cangkang telur juga berguna untuk menyuburkan tanaman-tanaman di rumah Anda. Caranya dengan mengubah cangkang telur menjadi pupuk kompos. Cukup campurkan cangkang telur yang sudah ditumbuk dengan kulit buah-buahan, daun yang sudah layu, atau sisa batang sayuran, dan tanah.

Setelah tercampur rata, gali tanah di pekarangan sedalam kurang lebih 20cm, lalu benamkan campuran pupuk tersebut ke dalamnya. Pupuk kompos ini akan membuat tanah lebih subur dan kaya nutrisi.

Membersihkan Alat Masak

Noda hitam di panci atau penggorengan kerap sulit dihilangkan. Mulai sekarang Anda dapat membersihkannya dengan mudah dan praktis. Caranya tumbuk cangkang telur hingga menjadi serbuk.

Lalu, campur cairan sabun pembersih dengan serbuk telur dan gosokkan ke bagian panci yang hitam. Dijamin noda itam pada panic akan hilang seketika.

Mengatasi Masalah Saluran Air

Saluran air yang mampet dapat menimbulkan masalah serius jika tidak segera diatasi tidak segera Dibanding Anda harus memanggil tukang ledeng untuk mengatasinya, coba dulu cara sederhana berikut.

Haluskan cangkang kulit telur sehigga mendapat serbuknya. Tuangkan serbuk kulit telur pada saluran yang mampat dan diamkan semalaman. Esok hari Anda akan mendapatkan saluran air lancar kembali.

(Simak juga: Manfaatkan Stoples Selai untuk Dekorasi Ruangan)

Pemutih Pakaian

Selain menggunakan pemutih, Anda dapat menciptakan pemutih pakaian alami. Caranya mudah saja, ambil dan meletakkan remukan cangkang telur di ats noda pakaian. Tunggu selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas pakaian Anda dan cuci kembali. Pakaian sudah bersih seperti semula.

Pakan ayam

Jika Anda memiliki peliharaan ayam di rumah, Anda dapat memanfaatkan serbuk cangkang telur sebagai campuran pakan ayam atau bebek. Cangkang telur berguna untuk menambah nutrisi pada unggas peliharaan Anda. Hal ini akan memotong bujet pengeluaran pakan unggas Anda.

Banyaknya inspirasi memanfaatkan barang bekas membuat Anda tak perlu lagi khawatir tinggal secara mandiri di rumah sendiri. Tertarik tinggal di rumah baru? Lihat pilihannya dengan harga mulai Rp500 jutaan di sini!

Foto: Pexels

Rina Susanto