Contekan untuk Desain Rumah 1 Lantai 2 Kamar Tidur

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 07 Agu 2017, 14:59 WIB
20170807-desain rumah 1 lantai 2 kamar tidur

Liputan6.com, Jakarta Gaya minimalis kini menjadi salah satu gaya favorit kebanyakan orang dalam menata hunian. Pasalnya gaya minimalis identik dengan sesuatu yang sederhana, praktis, dan fungsional. Dengan luas bangunan tipe 36 atau 40, Anda bisa mendandani hunian menjadi apik dan fotogenik.

(Baca juga: Makin Gemuk? Mungkin Desain Kamar Tidur Anda yang Salah!)

Umumnya, fitur hunian satu lantai dengan dua kamar tidur ini ditempati oleh first time buyer atau keluarga muda. Konsep rumah tumbuh pun bisa diaplikasikan dengan merenovasi bangunannya menjadi dua lantai.

Ingin menata rumah satu lantai dengan dua kamar tidur? Simak beberapa inspirasi dari Rumah.com berikut ini. (Psst, desain ini juga bisa diaplikasikan pada apartemen dua kamar tidur, loh!)

Kedua kamar tidur terletak di bagian depan rumah, sedangkan hanya terdapat satu kamar mandi besar yang disertai bath tub.

Di atas adalah contoh hunian dua kamar tidur yang memiliki bentuk luas dan memanjang. Kedua kamar tidur terletak di bagian depan rumah, sedangkan hanya terdapat satu kamar mandi besar yang disertai bath tub (sesuai selera).

Terdapat area masuk agak lebar yang bisa dimanfaatkan sebagai foyer menyambut tamu. Ruang komunal didesain open space dengan memanfaatkan sofa sebagai pemisah antara ruang tamu dan dapur.

Sementara sisa area diisi dengan meja makan minimalis dan sebuah ruang laundry. Bila masih ada sisa area, membuat teras tertutup yang hanya bisa diakses dari ruang tidur bisa memberi kesan hunian ala resort.

Meskipun hanya memiliki dua kamar tidur dan dua kamar mandi, namun konsep hunian ini cukup fungsional dan nyaman untuk pemilik rumah.

Desain dua kamar tidur berikut ini lebih mengedepankan ruangan yang luas dan mengurangi area melangkah. Meskipun hanya memiliki dua kamar tidur dan dua kamar mandi, namun konsep hunian ini cukup fungsional dan nyaman untuk pemilik rumah.

Ruang tamu terlihat agak luas karena harus menyisakan ruang gerak ke area privat. Televisi home theater sengaja diletakkan disudut ruangan supaya tidak terkesan memenuhi ruangan. Untuk menjaga privasi, teras diletakkan di belakang rumah, tepatnya dekat ruang tamu. Tujuannya untuk memperluas area duduk-duduk jika ada pertemuan keluarga besar.

(Simak juga: Pilihan hunian 2 kamar tidur dengan harga di bawah Rp500 jutaan)

Area dapur dibuat agak luas dan memanjang, namun Anda bisa sedikit merubahnya jika ingin menambah set meja sarapan yang praktis. Kedua kamar tidur memiliki ukuran yang hampir sama, cocok untuk mengakomodir kebutuhan keluarga dengan dua atau tiga anak.

Meskipun ruangannya terbilang cukup sempit namun Anda tetap bisa mendesain ruangan minimalis yang colorful.

Untuk desain kompak, Anda tetap bisa membuat dua kamar tidur dengan mempertimbangkan sirkulasi udara dan cahaya yang maksimal. Meskipun ruangannya terbilang cukup sempit namun Anda tetap bisa mendesain ruangan minimalis yang colorful.

Contohnya, penggunaan lantai kayu yang dilapisi oleh karpet untuk memisahkan area ruang tamu dan meja makan. Sementara sisa ruangan dibagian tengah diisi dengan kamar mandi, ruang laundry dan lemari untuk penyimpanan baju.

Sisanya, kedua kamar tidur tetap bisa diisi oleh double bed, namun kamar tidur kedua dibuat agak kecil sehingga pakaian dan koleksi disimpan di ruang laundry.

 

Isnaini Khoirunisa