Tips Developer: Bikin Rumah Minimalis Tampak Maksimal

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 10 Jul 2017, 15:50 WIB
20170710-Panduan desain rumah minimalis untuk developer

Liputan6.com, Jakarta Tingginya minat masyarakat akan rumah minimalis membuat para pengembang kerap mengaplikasikan gaya ini ketika mendesain proyek perumahannya. Selain praktis, gaya minimalis juga pas diaplikasikan pada rumah dengan tipe sederhana 36/72.

(Baca juga: 8 Aturan Feng Shui yang Tak Boleh Diabaikan Developer)

Meski demikian banyak orang mengeluhkan kesan sempit dan aliran udara yang sumpek ketika tinggal di rumah bergaya minimalis yang ukurannya memang kecil. Jadi tantangan yang dihadapi pengembang adalah agar lebih kreatif membuat desain rumah yang tidak hanya praktis namun juga fungsional.

Selain mendesain plafon dengan ketinggian sekitar 4 meter, ada beberapa trik untuk membuat ruangan jadi terkesan tinggi dan lapang. Simak beberapa cara dari Rumah.com berikut ini.

1. Aplikasi Jendela di Ketinggian Maksimal

Beberapa pengembang yang mendesain rumah berpondasi tinggi hanya memasang bingkai jendela yang pendek dan ventilasi di bagian atasnya. Dengan demikian, terkadang pembeli tidak menyadari bahwa rumah tersebut cukup tinggi dan sejuk.  Nah, dengan memasang jendela hingga menyentuh titik tertinggi dinding, rumah Anda akan nampak lebih elegan dan luas.

2. Pilih Perabot Pendek

Untuk rumah contoh, Anda sebaiknya mengisi ruangan dengan perabot pendek yang hampir menyentuh lantai. Cara ini juga menghemat tempat dan memberi jarak yang lebih luas dengan aksesoris yang digantung di dinding, misalnya ambalan atau jam dinding.

3. Memberi Corak Garis Vertikal pada Dinding

Jika ingin memberi sentuhan berbeda pada interior ruangan, Anda boleh memberi wallpaper berwarna netral. Pilih corak garis-garis vertikal yang membuat dinding terkesan lebih tinggi dan luas. Menurut interior desainer Francesco Bilotto corak garis-garis vertikal membuat plafon terkesan lebih tinggi dan membuat ilusi mata fokus melihat ke atas.

(Simak juga: Aneka pilihan perumahan berdesain minimalis dengan harga di bawah Rp500 jutaan)

4. Menggantung Tinggi Cermin

Aksesoris pemantul cahaya ini selalu berhasil membuat ruangan terkesan lebih luas dan benda ini juga akan berfungsi maksimal jika dipasang pada ketinggian yang agak tinggi dari biasanya. Ini adalah cara instan untuk menghadirkan kesan luas dan lapang pada ruangan sempit Anda.

5. Gunakan Lampu Reses

Meskipun ada banyak jenis lampu, namun lampu reses masih menjadi pilihan sempurna untuk membuat ruangan terkesan lebih tinggi. Hindari memasang lampu gantung pada rumah contoh karena alih-alih membuat ruangan terkesan mewah justru akan membuat plafon terkesan lebih pendek dari kenyataannya.

6. Memberi Detil pada Plafon

Untuk menarik pandangan mata ke atas plafon, tidak ada salahnya memberi sedikit detil, misalnya dengan menggunakan lis gipsum pada plafon. Atau jika ingin lebih berani, Anda bisa memberi pulasan warna cat pada permukaan plafon.

7. Pilih Warna-warna Terang

Untuk menghindari rumah terkesan sempit dan membosankan, gunakan kombinasi warna netral dan warna cerah untuk pulasan cat dinding. Selain putih, gabungkan aksen warna merah, magenta atau bahkan kuning secara seimbang.

 

Isnaini Khoirunisa