Meja Minimalis: Solusi untuk Ruang Tamu Sempit

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 28 Mei 2017, 10:09 WIB
20170528-Tips menata meja di ruang minimalis

Liputan6.com, Jakarta Tinggal di rumah atau apartemen sempit setidaknya akan ‘memaksa’ Anda jadi mesti ekstra kreatif untuk menata ruangannya. Selain kamar tidur dan dapur, ruang keluarga atau ruang tamu menjadi area yang membutuhkan area yang cukup luas. Tak cukup dengan satu atau dua buah tempat duduk, ruang tamu biasanya juga diisi dengan sebuah meja.

(Baca juga: Inspirasi Cantik untuk Rumah Mungil Minimalis Anda)

Ya, meja ini berguna untuk menjadi tempat menyuguhkan minuman atau makanan ringan saat tamu berkunjung. Ukuran meja yang biasanya cukup lebar tentunya membuat Anda akan kesulitan menatanya di ruangan yang sempit. Sebagai alternatif, simak beberapa ide dari Rumah.com untuk membuat meja minimalis kustom yang bisa menghias ruang tamu Anda sehingga tampak lebih stylish.

Ukuran meja kustom yang mungil dan sederhana bisa membuat ruang tamu Anda terkesan luas dan stylish. (Image: Freepik)

Di gambar pertama, Anda bisa mencontek meja bundar minimalis yang terbuat dari rangka penyangga dari besi dan sanggahan kaki semen. Meja bundar seperti ini juga cukup banyak tersedia di toko furnitur terdekat. Ukurannya yang mungil dan sederhana bisa membuat ruang tamu Anda terkesan luas dan stylish.

Di gambar kedua, ada inovasi meja terbaru yang diberi nama C table. Meja ini memiliki didesain untuk ruang tamu yang sempit karena modelnya yang ramping dan ringan. C table di atas ini terbuat dari rangka kayu yang membungkus bagian lengan sofa. Pesan meja minimalis ini dengan ketinggian yang pas dengan sofa ruang tamu agar bisa disisipkan pada sofa Anda.

Di gambar ketiga ada inspirasi meja yang didesain built-in seperti rak ambalan. Pasang meja ini di bawah rangka jendela agar menjadi “pusat perhatian” di ruang tamu. Anda bisa membuat meja gantung ini dengan ukuran yang sedikit lebih lebar agar bisa meletakkan piring kecil dan beberapa gelas untuk suguhan tamu.

Ide terakhir bisa dimanfaatkan bila Anda hendak memesan sebuah rak yang difungsikan pula sebagai meja kopi. Letakkan meja yang memiliki ketebalan 15 sentimeter ini di belakang sofa double agar terlihat sedikit ‘tersembunyi’. Desainnya yang kompak membuat bagian bawahnya bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan buku, majalah, atau remot televisi.

Tinggal di rumah atau apartemen yang berukuran mungil memang harus pintar-pintar menata ruangannya. Dan jika Anda tengah mencari rumah atau apartemen yang ukurannya lebih besar, maka puluhan pilihan perumahan dengan harga di bawah Rp1 miliar berikut mungkin bisa Anda jadikan pilihan.

 

Isnaini Khoirunisa