Cara Sederhana Usir Lalat dari Rumah

Oleh boyleonard pada 18 Mei 2017, 19:26 WIB
20170518-tips usir lalat dari rumah-rumahcom-boy

Liputan6.com, Jakarta Lalat merupakan hewan pengganggu yang sering kali muncul dan membuat suasana rumah tak nyaman. Hewan serangga ini seringkali muncul saat musim hujan, atau saat kondisi rumah tidak bersih.

Tak lepas dari siklus hidupnya yang sering hinggap di tempat sampah dan area kotor lainnya, lalat kerap menjadi  sumber penyakit. Mereka akan membawa kotoran dan kuman penyakit pada tempat-tempat yang disinggahinya.

Jika dibiarkan tentu akan mengganggu dan membawa kerugian, terutama jika Anda memiliki anak kecil di rumah. Berikut ini ada beberapa cara ampuh untuk mengusir lalat yang dapat Anda aplikasikan di rumah.

Menggunakan Aroma Alami

Aroma alami bisa Anda dapatkan dari bunga-bungaan, biji-bijian, dan buah-buahan. Gunakan daun pandan yang diiris halus dan tempatkan pada piring kecil, lalu tempatkan di area yang banyak dihinggapi lalat.

Dapat juga menempatkan bunga lavender pada vas bunga di dalam rumah. Selain daun pandan dan lavender, bisa juga menggunakan jeruk lemon, biji cengkeh, daun kemangi, bawang putih, atau bubuk cabai. Taruh di piring dan tempatkan di area yang dihinggapi lalat maka lalat akan pergi menjauh.

Menggunakan Nyala Lilin

Mengusir lalat menggunakan lilin sudah umum dilakukan. Cara ini cukup ampuh karena lalat tidak menyukai asap. Cara lain, gunakan obat nyamuk bakar dan tempatkan pada area yang banyak dihinggapi lalat.

Menggunakan Plastik Isi Air

Isi air ke dalam plastik bening lalu gantung pada area yang banyak lalat. Cara ini cukup mudah dan ampuh. Plastik air dapat memecah fokus lalat.

Untuk diketahui, lalat memiliki 3000–6000 mata pada setiap bulatan mata lalat, membuat mata lalat tak bisa fokus pada satu titik. Ketika mereka melihat kantong berisi air, mata lalat akan terkena pembiasan yang membuat lalat tidak tidak fokus dan pergi menjauh.

Catatan, metode ini harus digunakan pada ruang dengan pencahayaan baik. Semakin terang ruang akan membuat pembiasan lebih maksimal.

(Simak juga: Tips Usir Tikus dari Rumah)

Menggunakan CD Bekas

Hampir sama dengan metode plastik, permukaan CD yang mengilap dapat menimbulkan pembiasan. Anda dapat menggantungkan CD bekas pada ruang-ruang yang dihinggapi lalat. Gunakan tali/benang yang tipis sehingga gantungan CD lebih mudah bergerak jika tertiup angin.

Menggunakan Kipas Angin

Kipas angin ampuh untuk menghalau lalat karena angin yang diembuskan dapat mengganggu jalur dan keseimbangan terbang lalat. Arahkan kipas angin ke area yang banyak dihinggapi lalat, dijamin lalat akan menjauh.

Gunakan Lem Lalat

Lem lalat bisa didapatkan di toko-toko terdekat. Gunakan umpan agar lalat mendekat. Untuk menjebak, tempelkan umpan yang memiliki bau menyengat seperti ikan sehingga lalat datang mengerubungi.

Lalat muncul di lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya. Saat ini, perumahan baru lebih memperhatikan lingkungan, tak cuma bangunan. Tertarik memiliki rumah baru? Simak ratusan pilihan rumah di bawah Rp500 Juta di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

U XimpleU Ximple

Antara Lalat dan Kotor