5 Kiat Praktis untuk Menata Ruangan Sempit

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 20 Mei 2017, 13:09 WIB
20170520-Panduan menata ruang minimalis

Liputan6.com, Jakarta Sebenarnya ada banyak tips dan trik untuk mendesain interior sebuah ruangan. Misalnya saja untuk ruangan yang sempit dan bergaya minimalis. Meski ukurannya terbatas, namun sebenarnya ada banyak cara untuk menyiasatinya agar terlihat lapang dan luas.

(Baca juga: Inspirasi Cantik untuk Rumah Mungil Minimalis Anda)

Kunci utamanya ialah membuat setiap sudut ruangan nampak rapi dan memanfaatkan sebuah furnitur atau aksesoris sebagai pusat perhatian. Ini artinya: Hal sekecil apapun bisa memberi pengaruh yang besar pada tampilan ruangan.

Dan jika Anda merasa kesulitan menata rumah atau apartemen bergaya minimalis yang biasanya berukuran kecil, contek lima tips dari Rumah.com berikut ini.

1. Memasang Krei di Setiap Jendela

Pada ruangan berukuran cukup luas, kehadiran jendela yang dibuka lebar bisa memberi asupan cahaya yang baik untuk ruangan. Akan tetapi jika tinggal di hunian sempit seperti apartemen studio, Anda wajib memasang tirai atau krei di setiap jendela.

Fungsinya tidak hanya menjaga privasi, namun juga menghalangi pantulan sinar matahari langsung yang mengganggu kenyamanan di ruangan. Pilih krei yang bisa diputar atau ditarik dengan pilihan material yang ringan dan simpel. Anda bisa membeli ukuran krei yang pas dengan ukuran jendela di toko peralatan rumah terdekat.

2. Furnitur yang Tidak Menyentuh Lantai

Tidak menyentuh lantai bukan berarti furniturnya menggantung pada plafon atau dinding. Meskipun furnitur floating sangat ergonomis untuk mengisi ruangan minimalis, namun yang dimaksud di sini ialah furnitur yang disanggah oleh kaki-kaki beberapa sentimeter.

Furnitur seperti ini bisa memberi kesan sejuk dan luas pada ruangan. Jadi mulailah membeli perabot dengan kaki tidak hanya pada sofa, namun juga pada ranjang tidur, lemari, dan kabinet.

3. Rak Gantung untuk Menyimpan Koleksi Buku

Rak gantung merupakan pilihan furnitur yang sangat pas mengisi ruangan sempit dan bergaya minimalis. Modelnya yang simpel dan tidak memiliki sekat membuatnya sangat pas menopang koleksi buku Anda.

Pilih rak gantung berwarna putih jika cat dinding Anda diwarnai putih agar nampak membaur. Di bagian bawah rak juga bisa dimanfaatkan untuk meletakkan kabinet atau meja untuk menyimpan benda lainnya sehingga Anda bisa menghemat luas ruangan secara efektif.

4. Karpet Berukuran Lebar

Memilih karpet yang kecil adalah kesalahan yang paling sering dilakukan ketika mendekorasi ruangan sempit. Ruangan Anda justru terkesan jadi lebih sempit dari kondisi sesungguhnya. Jadi selalu beli karpet yang ukurannya cukup besar untuk mengisi lantai ruangan secara penuh.

5. Karya Seni Berukuran Agak Besar

Sama halnya dengan karpet, mengisi ruangan dengan karya seni gantung seperti foto atau lukisan di dinding  berukuran kecil hanya akan membuat ruangan terlihat sempit. Jadi, sebaiknya pilih pajangan yang proporsional ukurannya untuk mengisi ruangan. Tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil.

Hindari membuat dekorasi yang terdiri dari kumpulan aksesoris atau gantungan kecil karena membuat ruangan jadi terkesan berantakan. Cukup pilih satu karya seni yang berkualitas dan memiliki ukuran yang pas dengan tinggi plafon.

Dengan penataan yang tepat, gaya minimalis yang simpel memang dapat membuat tampilan sebuah ruang jadi tampak indah. Dan untuk pilihan rumah bergaya minimalis dengan harga mulai dari Rp300 jutaan, simak aneka pilihannya di sini! 

 

Isnaini Khoirunisa