Kiat Bikin Rumah Sehat, Bebas Penyakit

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 17 Mei 2017, 10:59 WIB
20170517-Feng shui untuk kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan dan kemakmuran seringkali disebut bersamaan sebagai tujuan dari penerapan ilmu feng-shui. Kedua hal ini memang berhubungan karena jika kondisi Anda sehat maka Anda akan lebih leluasa beraktivitas sehingga kemakmuran pun bisa tercapai.

(Baca juga: Tips Dongkrak Karir dengan Feng Shui)

Menurut ilmu feng shui, energi yang mengalir di dalam ruangan ternyata juga bisa mempengaruhi kesehatan. Nah, agar energi yang mengalir di dalam rumah memiliki kontribusi positif bagi kesehatan Anda, simak langkah sederhana dari Rumah.com berikut ini.

1. Perhatikan Kualitas Udara di Rumah

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kualitas udara di dalam rumah tidak selalu lebih baik dibandingkan udara di luar rumah. Itulah pentingnya selain menjaga aliran udara agar bisa bersirkulasi dengan baik, manfaatkan juga tanaman yang memang cocok diletakkan di dalam ruangan. Paling tidak letakkan 1 atau 2 yang berukuran besar di dalam rumah.

2. Sinar Matahari dan Warna juga Mempengaruhi

Pantulan sinar matahari terhadap warna dinding rumah ternyata juga bisa mempengaruhi kesehatan, terutama bila Anda banyak melakukan aktivitas di dalam ruangan. Pilih warna-warna yang segar dan bisa membuat Anda semangat sepanjang hari.

Tidak harus menerapkannya pada cat dinding, Anda juga bisa memberikan warna di dalam ruangan dengan menggunakan lukisan atau bunga segar.

3. Area Kesehatan di Dalam Rumah

Di dalam ilmu feng shui, setiap ruangan memiliki pusat energi yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Dua area yang paling berhubungan erat dengan hal ini adalah bagian dapur dan kamar tidur.

Anda bisa menambahkan elemen kayu atau air di kedua ruangan ini atau sekedar menaruh pot tanaman bambu kecil. Pilih yang memang cocok di ruangan tersebut.

4. Buat Kamar Mandi Memiliki Sensasi Spa

Dalam menerapkan feng shui, kamar mandi memang memiliki tantangan sendiri karena pada umumnya luas ruangannya yang memang terbatas. Namun sebenarnya Anda bisa melakukan langkah dasar seperti selalu memastikan agar kamar mandi selalu dalam keadaan bersih dan rapi.

Setelah itu sediakan benda-benda yang bisa menstimulasi indera Anda seperti lilin, diffuser untuk aromaterapi, atau benda lain yang bisa memberikan kesan spa di dalam kamar mandi. Merasa rileks di kamar mandi tentunya juga baik untuk kesehatan.

5. Aplikasikan Feng Shui di Dalam Kamar Tidur

Seperti sudah diketahui, bahwa manusia rata-rata menghabiskan 1/3 dari seluruh waktu hidupnya di dalam kamar tidur. Itulah sebabnya fokus energi pada ruangan ini sangatlah penting. Selain akan mempengaruhi kesehatan, kualitas energi di ruangan ini juga akan mempengaruhi hubungan Anda bersama pasangan.

Cara-cara sederhana untuk menerapkannya adalah dengan membiarkan cahaya alami masuk ke dalam kamar di siang hari, aliran udara yang baik, tidak menyimpan apapun di bawah kamar tidur, dan terakhir pastikan lemari baju selalu rapi.

Poin-poin di atas juga bisa jadi acuan sebagai parameter rumah yang sehat. Dan untuk pilihan rumah sehat dengan harga mulai dari Rp300 jutaan, simak puluhan pilihan perumahannya di sini!

 

Mita Agustina