Jangan Asal Menata Taman, Ini Panduan Feng Suinya!

Oleh boyleonard pada 16 Mei 2017, 18:58 WIB
20170516-tips menata taman berdasarkan feng sui-rumahcom-boy

Liputan6.com, Jakarta Fengsui tak hanya berlaku untuk ruangan di bagian dalam rumah Anda. Tapi, kondisi halaman rumah pun dapat diatur berdasarkan feng sui. Menurut ahli feng sui dari Amerika, Ken Lauher, beberapa pengaturan taman berikut dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan bagi Anda.

Pagar yang tak terlalu tinggi

Boleh saja Anda memasang pagar dengan alasan keamanan, namun Ken menyarankan agar tinggi pagar tak melebihi rumah Anda. Biarkan Anda tetap dapat melihat kondisi di luar rumah—bukan hanya dengan mengintipnya sambil berjinjit.

Manfaatnya tak hanya memudahkan Anda melihat siapa yang mendatangi rumah Anda, tapi juga memudahkan masuknya udara dari luar ke dalam rumah Anda. Jika rumah terhalangi pagar, tentunya oksigen tak dapat masuk ke dalam rumah dengan leluasa—sinar matahari pun menjadi terhalang.

Gunakan meja bundar

Ken juga menyarankan agar lebih baik menggunakan meja bundar dibandingkan meja persegi untuk diletakkan di teras rumah. Meja bundar diibaratkan memberikan keseimbangan energi bagi rumah Anda.

Selain itu, mengingat teras yang biasanya tak terlalu luas, menggunakan meja bundar akan lebih baik. Anda atau anak tak perlu bersinggungan dengan siku meja yang tajam—jika menggunakan meja persegi.

(Simak juga: Feng Sui Ini Bikin Sehat di Rumah)

Tambahkan kolam ikan

Mendengarkan suara air atau melihat lincahnya ikan kecil yang berwarna-warni dipercaya mampu mengurangi perasaan tertekan. Sebaliknya cara bernapas Anda akan lebih perlahan dan lebih tenang jika mendengar suara gemericik air.

Ken pun menyarankan agar menambahkan kolam kecil di halaman rumah untuk menambahkan suasana sejuk.

Jangan membiarkan pohon menjadi terlalu rindang

Kabarnya pohon peneduh yang terlalu rindang daunnya akan menghalangi energi positif masuk ke dalam rumah Anda.

Sebenarnya, sih, tanaman yang terlalu rindang akan menghalangi paparan sinar matahari untuk masuk ke dalam rumah, dan sinar matahari juga terhalang untuk menyinari tanaman yang letaknya lebih rendah dari pohon tersebut. Padahal setiap tanaman menghasilkan oksigen bagi lingkungan di sekitarnya.

Pangkas daun di pohon Anda setiap kali makin rimbun—jika perlu Anda juga memotong dahan yang sudah terlalu panjang. sinar matahari yang masuk ke dalam rumah akan mencegah timbulnya jamur, mengurangi nyamuk, membunuh bakteri yang senang bersarang di ruangan lembap.

Secara umum, besar kecilnya taman tak berpengaruh pada feng sui, asal penataannya tepat. Karena itu, rumah kecil dengan taman kecil pun cukup untuk menjadi rumah pertama Anda. Tertarik mencari rumah baru? Simak pilihannya dengan harga mulai Rp350 jutaan di sini!

Sumber: Rumah.com

Foto: Pixabay

Rina Susanto