Kenali Ragam Jenis Backsplash Dapur dan Keunggulannya

Oleh boyleonard pada 15 Mei 2017, 18:54 WIB
20170510-ragam dekorasi backsplash dapur-rumahcom-boy

Liputan6.com, Jakarta Area dapur rentan terhadap kotor, terutama bagian dinding yang seringkali terkena cipratan minyak (backsplash). Untuk menghindari hal ini, Anda dapat melapisi bagian dinding dapur menggunakan beberapa material pelapis.

Penggunaan pelapis pada dinding dapur tak hanya berfungsi sebagai pelindung, tetapi juga sebagai elemen dekoratif yang mempercantik tampilan ruang. Ada beragam material pelapis area backsplash yang dijual di pasaran.

Namun, Anda harus cerdas dalam memilih, karena material yang digunakan haruslah yang mudah dibersihkan. Dikutip dari Rumah.com, berikut beberapa backsplash terbaik untuk melapisi dinding dapur.

Material Keramik

Keramik mudah dibersihkan jika terkena noda cipratan. Cukup menggunakan lap basah, Anda dapat menghapus noda minyak di keramik. Keunggulan lainnya, keramik memiliki warna, bentuk, motif, dan ukuran yang beragam sehingga mudah bagi Anda untuk menyesuaikan dengan tema dapur.

Material keramik cocok untuk nuansa vintage atau shabby chic.

 

Material papan tulis

Material papan tulis memiliki fungsi ganda. Selain untuk melapisi dinding, juga dapat untuk menulis resep masakan atau pesan pada permukaannya. Untuk membersihkannya cukup mudah tinggal dibersihkan menggunakan lap basah.

Selain melindungi dinding dari cipratan, papan tulis juga berfungsi untuk mencatat berbagai keperluan terkait urusan dapur.

(Simak juga: Tips Menata Dapur yang Efisien)

Material marmer dan granit

Marmer dan granit sering digunakan sebagai pelapis dinding. Selain mudah dibersihkan material ini menciptakan kesan elegan dan mewah.

Marmer dan granit juga sangat keras dengan ketebalan 2cm sehingga awet dan tidak mudh pecah. Selain untuk dinding Anda juga dapat digunakan untuk material meja dapur.

Permukaan marmer sangat mudah dibersihkan dan terlihat mewah, namun tidak cocok untuk anggaran yang terbatas.

Material kaca

Material kaca cocok digunakan untuk dapur bergaya minimalis modern. Material kaca mudah dibersihkan dan menciptakan kesan clean.

Anda dapat memilih jenis kaca cermin untuk menambah kesan luas, kaca buram (sandblast), atau kaca warna (tinted glass) untuk memberi nuansa berbeda. Penggunaan material kaca harus lebih sering dibersihkan agar kejernihan kaca tetap terjaga.

Sifat reflektif kaca menghadirkan kesan luas di area dapur.

Material stainless steel

Stainless steel merupakan material antikarat. Noda akan mudah dibersihkan jika menempel di pelapis ini, cukup menggunakan lap basah.

Material stainless steel cocok digunakan untuk dapur bertema rustic atau industrial. Material stainless steel juga sering digunakan untuk dapur-dapur profesional di perhotelan atau restorasi.

Stainless steel menghadirkan kesan higienis karena warnanya yang berkilau.

Mencari hunian dengan dapur yang lebih luas, agar lebih leluasa memasak dan mendekorasinya? Lihat pilihan puluhan rumah baru dengan harga mulai Rp750 jutaan di sini!

Foto: pixabay.com, sndimg.com, ldfeeds.com, hometren.com, carolgriccecurran.com, pinterest

Rina Susanto