Jurus Ubah Perabotan Lama Agar Terlihat 'Wah'

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 10 Mei 2017, 14:38 WIB
20170510-Tips kreatif mengubah perabotan usang

Liputan6.com, Jakarta Merasa bosan menatap perabotan yang sama di dalam rumah selama bertahun-tahun? Atau ingin mengubah tampilan interior rumah namun tidak memiliki waktu atau dana untuk merombaknya?

(Baca juga: Memadukan Perabotan Tua dengan Gaya Modern)

Tak perlu bingung, dengan sedikit kreativitas Anda bisa mengubah perabotan lama yang tadinya terlihat biasa-biasa saja jadi tampak ‘kekinian’. Dirangkum dari Rumah.com, simak beberapa inspirasinya berikut ini.

1. Logam Kuningan di Sudut Meja

Pilih bumper yang berwarna kuning keemasan agar tampilan meja jadi terkesan mewah. (Image: Buzzfeed)

Di rumah terdapat meja kopi berwarna putih polos? Gunakan bumper yang biasa digunakan di sudut meja. Biasanya bumper tersebut sudah memiliki lem di bagian belakangnya sehingga mudah direkatkan ke meja. Pilih yang berwarna kuning keemasan agar tampilan meja jadi terkesan mewah.

2. Penarik Laci Pakaian dari Kulit

Gunting tali kulit dengan ukuran yang cukup dengan genggaman tangan. Kemudian pasangkan pada laci bagian atas dengan menggunakan paku. (Image: Buzzfeed)

Laci pakaian biasanya hanya berwarna polos, jika Anda ingin meng-upgrade tampilannya tanpa harus mengecat ulang, tambahkan saja sebuah tali yang terbuat dari kulit. Tali ini digunakan agar menarik laci pakaian menjadi lebih mudah.

Gunting tali kulit dengan ukuran yang cukup dengan genggaman tangan. Kemudian pasangkan pada laci bagian atas dengan menggunakan paku.

3. Warnai Bagian Kaki Kursi

Gunakan cat semprot untuk mewarnainya, lapisi dengan lapisan matte agar warna cat lebih awet. (Image: Buzzfeed)

Jika Anda memiliki kursi kayu berwarna polos, cat bagian kaki-kakinya untuk memberikan kesan yang modern. Caranya mudah, gunakan selotip untuk membuat batas cat di kursi atau bahkan pola bergaris.

Setelah itu mulai gunakan cat semprot untuk mewarnainya, lapisi dengan lapisan matte agar warna cat lebih awet.

4. Cat Perabotan dengan Warna Emas atau Perak

Jika tidak ingin mengecat seluruh bagian perabotan gunakan selotip untuk membatasinya. Pilih warna cat glossy untuk efek mengkilap. (Image: Buzzfeed)

Salah satu cara untuk mengubah tampilan perabotan agar tampak elegan adalah dengan mengecatnya menggunakan warna emas atau perak. Cara ini bisa diaplikasikan juga pada rak pajangan yang umumnya berwarna hitam atau bahkan pada keranjang cucian baju Anda.

Jika tidak ingin mengecat seluruh bagian perabotan dengan warna tersebut, gunakan selotip untuk membatasinya. Pilih warna cat glossy untuk efek mengkilap.

5. Tutupi Meja atau Kursi dengan Wallpaper

Sebelum memulainya, ukur meja dan tandai wallpaper untuk dipotong menjadi beberapa bagian. (Image: Buzzfeed)

Umumnya sebuah meja berwarna polos dan cenderung terlihat membosankan. Untuk membuatnya tampak lebih istimewa Anda bisa menutupnya menggunakan wallpaper yang berwarna. Sebelum memulainya, ukur meja dan tandai wallpaper untuk dipotong menjadi beberapa bagian.

Tidak hanya meja, Anda juga bisa mengaplikasikannya pada kursi. Cukup tutupi bagian atas kursi untuk membuatnya tetap minimalis. (Image: Buzzfeed)

Agar terlihat rapi, gunakan kertas wallpaper tidak hanya untuk menutup bagian atasnya saja tetapi juga bagian bawah mejanya. Tidak hanya meja, Anda juga bisa mengaplikasikannya pada kursi. Cukup tutupi bagian atas kursi untuk membuatnya tetap minimalis.

6. Gunakan Spidol Permanen untuk Menghias Laci

Sebelum menghiasnya, sebaiknya Anda mencoba dulu tulisan yang dipilih di atas kertas. (Image: Buzzfeed)

Cara terakhir yang cukup mudah dilakukan untuk meng-upgrade penampilan perabotan rumah Anda ternyata bisa juga dengan menggunakan spidol permanen untuk menghiasnya. Agar tulisan spidol bisa terlihat jelas pilih perabotan yang berwarna putih. Sebelum menghiasnya, sebaiknya Anda mencoba dulu tulisan yang dipilih di atas kertas.

Itulah tips mengubah barang-barang usang agar terlihat menawan dan seperti baru. Dan untuk pilihan perumahan baru dengan harga di bawah Rp500 jutaan, simak puluhan pilihan perumahannya di sini!

 

Mita Agustina

SilfiaAnaSilfiaAna

bisa dicoba nih tips tips ini terutama penggunaan spidol untuk laci, suka banget aku

SilfiaAnaSilfiaAna

dengan peralatan sederhana pun akan membuat hal menjadi menarik

SilfiaAnaSilfiaAna

memang dibutuhkan kreatfitas yang baik iya untuk membuat jadi menarik

Lihat Lainnya