Cara Asyik Menata Rumah Bagi Pasangan Baru

Oleh boyleonard pada 11 Mei 2017, 18:54 WIB
20170509-tips tata rumah bagi pasangan baru-rumahcom-boy

Liputan6.com, Jakarta Pasangan baru menikah selalu semangat jika bicara soal hunian. Tak heran, karena umumnya di Indonesia, pada fase inilah orang baru memiliki hunian pribadi sendiri.

Kebanyakan pasangan baru menikah memilih rumah dengan ukuran minimalis. Selain faktor keluarga kecil, bujet pasangan baru biasanya lebih terbatas karena masih memiliki banyak kebutuhan lain.

Jika Anda dan pasangan sedang sibuk mencari ide untuk menata rumah baru, mungkin Anda bisa mengikuti beberapa tips dari Rumah.com berikut.

Gunakan Perabot multi fungsi

Tipe rumah 36, 45, atau 54 mungkin yang paling laris di pasaran dibeli oleh pasangan baru. Rumah tipe ini memiliki ukuran yang sedang dan mencukupi untuk keluarga kecil. Mengingat luasnya yang terbatas, ada baiknya Anda melengkapi hunian dengan perabot yang multifungsi.

Perabot multifungsi dapat menambah kapasitas rung penyimpanan, tanpa mengambil luas ruangan.

Desain Simpel, sederhana, dan simetris

Gunakan desain yang simpel dengan bentuk simetris sehingga rumah selalu terlihat rapi dan lebih luas. Ruang yang simetris akan mempermudah mobilitas dalam ruang, terutama untuk ruang yang sempit.

Ruang yang simetris akan meminimalisasi sudut ruang yang tidak terpakai sehingga memaksimalkan fungsi ruang.

Sama halnya dengan desain, pilih furnitur yang berdesain simpel. Furnitur dengan desain sederhana akan mudah dimodifikasi ulang jika diperlukan sehingga bagi pasangan muda akan lebih menghemat bujet.

Hindari Penggunaan Pola

Pasangan muda dengan hunian minimalis harus menghindari penggunaan pola besar, misalnya animal print, garis-garis besar dan sebagainya. Pola seperti ini akan membuat hunian terkesan sesak

Sebaliknya, aplikasikan warna-warna netral polos. Warna netral tidak selalu harus hitam atau putih. Anda bisa memunculkan nuansa ceria dengan warna-warna greenery, biru cotton, abu-abu.

Ciptakan vocal point

Untuk membuat kejutan pada hunian agar tak terasa flat, Anda bisa menciptakan vocal point. Vocal point yaitu elemen ruang yang sengaja dibuat lebih menonjol di antara elemen lainnya sehingga menarik mata orang yang datang.

Anda dapat menggunakan warna-warna yang kontras dari warna dasar ruangan pada beberapa elemen untuk memunculkan kesan berbeda. Cobalah menggunakan bantal dengan warna dan corak mencolok, atau gorden dengan warna yang kontras dari warna dasar ruangan. Vocal point akan membantu membuat hunian tampak lebih hidup dan tak membosankan.

(Tips: Baru Menikah dan Sedang Cari Rumah? Ini kriteria yang Tepat untuk Anda)

Lakukan Sendiri

Ini yang paling seru! Anda dan pasangan bisa membeli furnitur rakit, lalu Anda dapat merakitnya bersama. Anda dan pasangan juga bisa menciptakan dekorasi  ruang DIY.

Anda dan pasangan bisa menyatukan ide dan merealisasikannya bersama. Selain berguna untuk mempercantik ruang, juga dapat melatih kerja sama dan kekompakan dengan pasangan.

Anda bisa memulai dengan membuat perbot kecil sederhana yang tidak terlalu banyak membutuhkan peralatan, seperti rak buku kecil, rak penyimpanan kecil, modifikasi kursi, dan sebagainya.

Maksimalkan Pencahayaan

Jangan lupakan detail pencahayaan ruang. Jika ruang belum cukup terang dengan pencahayaan alami, Anda membutuhkan cahaya tambahan dari lampu. Anda dapat memilih lampu LED untuk tambahan cahaya. Lampu jenis LED lebih hemat listrik sehingga menghemat biaya.

Anda juga dapat menambahkan down light pada ruang lain yang memerlukan pencahayaan tambahan. Hidden light yang disembunyikan pada ceiling ruangan bisa menjadi pilihan tepat.

Penggunaan hidden light dapat memberikan kesan mewah tanpa mempersempit ruangan. Ruangan dengan pencahayaan mencukupi akan membuat suasana nyaman dan memberikan kesan luas.

Bagi Anda pasangan baru yang tengah berjuang membeli rumah pertama, Anda bisa mencari rumah dua kamar tidur dengan harga Rp300 Jutaan. Tertarik? Lihat pilihannya di sini!

FOTO: home-design.com, saga.com

Rina Susanto