6 Teknik Mewarnai Dinding Rumah Agar Terlihat Cantik

Oleh Wahyu Ardiyanto pada 19 Apr 2017, 10:09 WIB
20170419-Teknik kreatif untuk mengecat dinding

Liputan6.com, Jakarta Anda bisa saja menambahkan hiasan pada dinding seperti lukisan dan karya seni lain agar dinding rumah Anda tidak terlihat membosankan. Namun terlalu banyak dekorasi yang digantung pada dinding juga bikin rumah terlihat tidak elok di pandang. Dinding jadi tampak penuh dan jika penempatannya kurang tepat bisa jadi malah bikin rumah terkesan jadi berantakan.

(Baca juga: Inspirasi Dekorasi Dinding Modern dan Minimalis)

Ada cara lain yang bisa Anda coba agar dinding rumah Anda terlihat lebih berwarna. Ya, dengan teknik mengecat yang kreatif Anda bisa membuat tampilan dinding rumah Anda jadi nampak indah dan berseni.

Simak beberapa inspirasi teknik mengecat dari Rumah.com yang bisa Anda aplikasikan untuk dinding rumah Anda.

1. Dinding Ombre

Sebelum mulai mengecat, batasi area pengecatan masing-masing warna dengan kertas selotip. (Image: Thespruce.com)

Gaya ombre atau gradasi warna selain digunakan untuk mengecat rambut ternyata juga bisa diaplikasikan pada dinding rumah Anda. Anda pun bisa melakukannya sendiri dengan menyiapkan paling tidak 3-4 warna cat yang bergradasi dari terang ke gelap atau sebaliknya.

Sebelum mulai mengecat, batasi area pengecatan masing-masing warna dengan kertas selotip.

2. Dinding dengan Bentuk Geometri

Anda pun bisa mengaplikasikan teknik ini di rumah dengan menggunakan spidol cat. (Image: Abeautifulmess.com)

Bentuk geometri di dinding memang sedang menjadi tren sebagai bagian dari dekorasi interior. Anda pun bisa mengaplikasikan teknik ini di rumah dengan menggunakan spidol cat.

Gunting pola geometri yang diinginkan menggunakan kardus kemudian mulai gambar dinding menggunakan spidol. (Image: Abeautifulmess.com)

Pilih warna yang sesuai dengan cat dinding, misal cat dinding rumah Anda berwarna abu-abu pilih spidol cat berwarna putih. Gunting pola geometri yang diinginkan menggunakan kardus kemudian mulai gambar dinding menggunakan spidol.

3. Mural Pada Dinding

Anda hanya perlu menyiapkan 3 warna cat untuk menampilkan gradasi satu sama lain dan cat dinding dengan arah gelombang hingga menyerupai hamparan grup. (Image: Apartmenttheraphy.com)

Membuat mural memang tidak mudah jika dilakukan sendiri. Dan pada umumnya orang akan membutuhkan bantuan dari seseorang yang sudah cukup ahli.

Untuk mudahnya, buat mural dengan pola sederhana seperti gambar gunung. Anda hanya perlu menyiapkan 3 warna cat untuk menampilkan gradasi satu sama lain dan cat dinding dengan arah gelombang hingga menyerupai hamparan grup.

4. Hias Dinding dengan Tetesan Cat

Tidak usah isi pompa terlalu banyak karena akan merembes hingga ke lantai, cukup isi kurang lebih 3-5ml untuk setiap pengecetan. (Image: Homeology.co.za)

Salah satu cara lain yang cukup seru dilakukan untuk menghias dinding rumah adalah dengan membuat tetesan cat. Anda akan membutuhkan beragam warna cat untuk melakukannya dan juga siapkan beberapa pompa jarum suntik sesuai dengan banyaknya cat.

Tidak usah isi pompa terlalu banyak karena akan merembes hingga ke lantai, cukup isi kurang lebih 3-5ml untuk setiap pengecetan. Gunakan tangga untuk membantu Anda dan mulai teteskan cat dari dinding paling atas.

5. Dinding dengan Desain Seni Modern

Setelah di tutup, cat bagian dalam bentuk geometri dengan warna yang berbeda-beda. Tunggu hingga cat mengering, kemudian lepaskan selotip. (Image: Clubchicacircle.com)

Cara berikut bisa Anda kerjakan bersama anak-anak karena cukup mudah. Tempelkan beberapa selotip khusus pada salah satu dinding kamar hingga membentuk desain sebuah geometri. Setelah di tutup, cat bagian dalam bentuk geometri dengan warna yang berbeda-beda. Tunggu hingga cat mengering, kemudian lepaskan selotip.

6. Membuat Motif Chevron

Anda bisa mengombinasikan beberapa warna, namun jika ingin menunjukkan kontras gunakan hanya warna hitam dan putih. (Image: Decoist.com)

Motif Chevron atau zig-zag dalam sebuah desain cukup digemari saat ini karena terlihat trendi. Anda bisa mengecat dinding rumah dengan cara ini, namun tidak perlu melakukannya untuk seluruh ruangan. Cukup pilih satu dinding untuk memberikan kesan dramatis.

Anda bisa mengombinasikan beberapa warna, namun jika ingin menunjukkan kontras gunakan hanya warna hitam dan putih.

Ingin punya rumah dengan desain yang kekinian namun dengan kisaran harga tak lebih dari Rp300 jutaan? Simak puluhan pilihan perumahannya di sini.

 

Mita Agustina