Sukses

Saat Warga Menantang Ridwan Kamil Usai Blusukan

Gaya blusukan ala Ridwan Kamil di Kabupaten Majalengka juga membuat masyarakat maupun pedagang pasar antusias.

Liputan6.com, Majalengka - Aksi Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil blusukan di Kabupaten Majalengka selalu membuat sejumlah warga setempat heboh.

Salah satunya saat blusukan di Pasar Kadipaten, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Senin, 19 Maret 2018. Blusukan Ridwan Kamil bertujuan menyerap aspirasi pedagang Pasar Kadipaten. 

Namun, di tengah kegiatan makan kupat tahu bersama pedagang pasar, pria yang akrab disapa Kang Emil itu ditantang adu panco oleh salah seorang warga. Warga yang berani menantang Emil itu mengaku pernah melihat foto mantan Walikota Bandung itu di akun media sosial milik Ridwan Kamil.

Penantang pertama, Ajun, pria bertato di kedua lengannya. Namun, kurang dari 15 detik, tangan kekarnya tumbang oleh Emil.

"Kang Emil memang tangguh, pantas menjadi nomor satu," kata Ajun sambil terpingkal karena teman-temannya menertawai dirinya yang kalah.

Penantang berikutnya adalah Ari yang badannya lebih besar dari penantang sebelumnya. Namun, dalam hitungan kurang dari 20 detik, tangan Ari pun berhasil ditumbangkan Emil.

"Tenaga Kang Emil kuat banget, enggak kuat ngelawannya. Biar beliau yang kuat saja yang jadi pemimpin. Dia pantas juara," kata Ari sambil tertawa.

Setelah mengalahkan dua orang, rupanya ada seorang Bapak yang penasaran. "Kalau urusan panco, saya sering juara, meski juara kampung," kata Edi Kusnadi (59) pedagang bubur ayam.

Tak lama, Edi pun mengambil posisi duduk di depan meja makan bakso yang menjadi arena panco. Namun, nahas, Edy pun harus menanggung kekalahan setelah beradu panco kurang dari 20 detik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunci Kemenangan

Pada kesempatan tersebut Emil mengaku selalu mendapat tantangan dari warga maupun pedagang setiap blusukan di sejumlah daerah di Jawa Barat.

Seperti pada saat blusukan ke pabrik genteng Jatiwangi, Emil juga menang 3 kali adu panco melawan buruh genteng. Lalu, pada saat blusukan ke Bekasi, Wali Kota terbaik 2017 versi Kemendagri ini juga menang panco dua kali.

Emil mengaku, kunci kemenangan adu panco yang digelar mendadak tersebut hanya satu, yakni, selalu menghadapi tantangan dengan hati ceria dan bahagia.

"Saya kalau panco selalu menyanyi dalam hati, tadi nyanyi Halo-Halo Bandung," ujarnya.

Usai memenangkan adu panco, warga dan pedagang sontak menyanyikan lagu Halo-halo Bandung secara bersamaan. Tampak pengunjung bernyanyi sambil bertepuk tangan.

Emil mengaku terhanyut dalam suka cita bersama para pedagang dan pengunjung pasar di Kabupaten Majalengka ini.

"Ini mah bagian dari kegiatan untuk fun untuk mempererat hubungan saya dengan rakyat," Kang Emil menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.