Sukses

Pecahan Koalisi Umat di Cirebon Dukung Pasangan OKE

Partai Gerindra dan PAN Kota Cirebon menyatakan dukungan kepada pasangan OKE dalam Pilkada Serentak 2018 Kota Cirebon

Liputan6.com, Cirebon - Pertarungan politik pada masa Kampanye Pilkada Serentak 2018 di Kota Cirebon semakin seru. Apalagi setelah munculnya pengaduan bakal Calon Wali Kota Cirebon Siswandi terkait dugaan mahar politik beberapa waktu lalu.

Meski PAN, Gerindra dan PKS tidak gagal mengikuti kontestasi Pilkada Kota Cirebon, ketiga partai tersebut. Bukan berarti ketiga partai tersebut tidak bisa mendukung dua kandidat pada Pilkada Kota Cirebon sesuai ketetapan KPU.

Seiring berjalannya masa kampanye, Partai Gerindra dan PAN Kota Cirebon menyatakan dukungan kepada pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bamunas Setiawan Budiman - Effendi Edo (OKE). Kedua partai ini langsung membacakan surat dukungan di depan kandidat nomor dua tersebut.

"Ada kesamaan visi misi pasangan OKE dengan Partai Gerindra," ujar Ketua DPC Gerindra, Eman Sulaeman, Minggu (18/3/2018).

Pembacaan surat dukungan ini dihadiri Ketua DPC PDIP Kota Cirebon Edi Suripno, Sekretaris DPD PAN Kota Cirebon, Sumardi, Ketua DPC PPP Kota Cirebon, Kusnadi Nuried dan sejumlah pengurus dan kader Gerindra Kota Cirebon.

Dukungan tersebut dinyatakan dalam surat DPD Gerindra Jawa Barat tertanggal 12 Maret nomor 03-036/A/DPD -Gerindra- Jabar/2018 yang ditandatangani Ketua dan Sekretaris DPD Gerindra Jawa Barat, Mulyadi dan Abdul Harris Bobihoe.

"Dukungan yang diberikan Gerindra kepada paslon OKE murni tanpa ada embel-embel apa pun," kata Eman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimis Menang

Calon Walikota Cirebon, Bamunas Setiawan Budiman mengapresiasi langkah Gerindra yang telah memberikan dukungan kepada pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Cirebon, Bamunas Setiawan Budiman-Effendi Edo.

"Dukungan ini merupakan satu kehormatan bagi saya dan Pak Effendi Edo. Saya dan Pak Effendi Edo mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Gerindra," kata Bamunas.

Dengan bertambahnya dukungan dari parpol, Bamunas mengatakan pasangan OKE semakin yakin mampu meraih kemenangan dalam Pilkada Kota Cirebon 2018 mendatang.

Sebelumnya, kata dia, pada Rabu (14/3/2018) DPD PAN Kota Cirebon juga menyatakan sikap mendukung pasangan Bamunas Setiawan Budiman - Effendi Edo.

Pernyataan dukungan tersebut digelar di Kantor DPD PAN Kota Cirebon.

"Dengan tambahan dukungan dari Gerindra dan PAN, kami semakin yakin untuk maju dan bertarung dalam Pilkada Kota Cirebon 2018," ujar Bamunas.

Sebelumnya, Gerindra, PAN dan PKS tergabung dalam koalisi Umat mengusung bapaslon Walikota dan Wakil Walikota Cirebon, Brigjen Pol Siswandi - Euis Fetty Fatayati.

Namun bapaslon ini gagal dan tidak memenuhi syarat pencalonan karena sikap PKS tiba-tiba menyatakan abstain. Hingga penutupan pendaftaran, PKS tidak mengeluarkan rekomemdasi pencalonan kepada Pasangan Siswandi - Euis.

Saksikan vidio pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.