Sukses

Strategi Paslon Hadapi Debat Cagub Jabar Perdana Malam Ini

Empat pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat mempersiapkan program terbaik untuk memenangkan hati publik lewat debat Cagub Jabar perdana.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat siapkan performa terbaik demi hadapi debat Cagub Jabar perdana di Gedung Sabuga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, pukul 19.30 WIB, Senin (12/3/2018). Untuk meraih penilaian terbaik, mereka mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan agar memberikan performa maksimal dihadapan publik bumi parahyangan.

Tim pemenangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) misalnya sudah merampungkan segala sesuatu terkait debat publik malam ini. Bahkan keduanya telah melakukan simulasi dengan didampingi para akademisi.

"Kami sangat siap sekali. Secara teknis kami sudah melakukan latihan bersama tenaga ahli," ucap ketua tim media Hasanah, Budiana di Jalan Riau, Kota Bandung, Senin (12/3/2018).

"Kami tentu akan menyampaikan visi misi yang sudah disusun dengan banyak profesor, doktor," tambah dia.

Debat Cagub Jabar ini dinilai penting dan akan berpengaruh pada elektabilitas paslon sebesar 5 hingga 10 persen. Ia mengklaim, selama masa kampanye berlangsung, penerimaan publik terhadap pasangan yang diusung oleh PDIP ini sudah naik 50 persen dari presentase sebelumnya.

"Debat publik akan berpengaruh pastinya, minimal bisa naik 5-10 persen. Sekarang, posisi pasangan Hasanah sudah 14 persen. Itu hasil survei internal dan bahkan dari survei tim lain," terangnya.

TB Hasanuddin sendiri menyatakan akan mengedepankan program Nawacita seperti meningkatkan kualitas hidup rakyat, kehadiran negara di tengah persoalan rakyat hingga menyoroti persoalan kehidupan Bhineka Tunggal Ika.

Dia akan menyampaikan persoalan-persoalan masyarakat di 27 kabupaten kota yang dikunjunginya. Selain itu, dia juga ingin menawarkan solusi bagi permasalahan tersebut.

"Saya tidak punya persiapan khusus ya, karena saya sudah keliling ke 27 kabupaten kota di Jabar. Jadi saya hanya mengingat-mengingat apa saja masalah yang ada di masyarakat. Itu yang saya akan sampaikan dalam debat itu," tutur dia jelang debat Cagub Jabar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ridwan Kamil

Sementara itu, calon wakil gubernur yang berpasangan dengan Sudrajat, Ahmad Syaikhu mengaku sudah memetakan permasalahan yang ada di Jawa Barat untuk debat nanti.

"Persiapannya banyak belajar dan menguasai bahan terkait dengan visi, misi dan ke Jawa Baratan. Kalau masalah tegang atau grogi, Alhamdulillah, biasa saja," ujarnya melalui pesan singkat.

Terpisah, Ridwan Kamil pun mengaku sudah siap untuk mengikuti rangkaian debat pemilihan kepala daerah Jawa Barat. Latihan yang dimaksud mulai dari materi debat, gaya bicara, hingga latihan gestur.

"Saya sudah latihan, setiap debat itu kan harus kuat mental," katanya melalui siaran pers yang diterima, Jumat, 9 Maret 2018.

"Mudah-mudahan dengan latihan ini pada saatnya lebih mudah dan tidak kagok. Insya Allah lancar seperti yang kita harapkan," jelas Wali Kota Bandung nonaktif ini.

Selain berlatih debat, Ridwan Kamil juga mengaku berdoa dan meminta restu kepada orang tua. "Iya kan hidup ini kan dua, doa dan usaha. Usaha saja tanpa doa kan tidak barokah tapi kalau doa tanpa usaha juga kan gak ada ukuran kemajuannya," ucapnya.

 

Reporter: Aksara Bebey

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.