Sukses

Megawati Dapat Gelar Doktor HC dari IPDN, Puti Guntur: Kami Bangga

Puti Guntur Soekarno memberikan selamat atas penganugerahan Doktor Honoris Causa kepada Presiden ke-5 Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Surabaya - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Puti Guntur Soekarno memberikan selamat kepada Megawati Soekarnoputri atas penganugerahan Doktor Honoris Causa kepada Presiden ke-5 Republik Indonesia tersebut. Gelar itu diberikan kepada Megawati di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Kamis (8/3/2018).

"Saya sampaikan selamat untuk Ibu Megawati Soekarnoputri. Kami bangga dengan segenap perjuangan yang Ibu didedikasikan untuk Indonesia Raya," kata Puti di Surabaya, Kamis (8/3/2018).

"Ibu Megawati memiliki pengetahuan pemerintahan yang luas. Beliau konsisten menegakkan demokrasi dalam bingkai NKRI," imbuh Puti.

Hingga saat ini, gelar Doktor Honoris Causa sudah diterima Megawati untuk yang ke-7 kali. Menurut Puti, poin terpenting dari penghargaan Doktor Honoris Causa yang diterima Megawati adalah pelaksanaan desentralisasi yang berkesinambungan untuk Indonesia Raya.

Seperti yang tertuang pada UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah ditetapkan bahwa pelaksanaan otonomi daerah dilakukan melalui desentralisasi, dekonsentrasi dan asas tugas pembantuan.

"Pelaksanaan otonomi daerah, selain harus memacu kemajuan daerah, juga memperkuat NKRI dan pemerintahan pusat," kata pasangan Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat NKRI

Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno telah ditetapkan sebagai pasangan kandidat Pilkada Jawa Timur 2018 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur. Dalam visi misi mereka, pasangan calon nomor 2 itu menegaskan komitmennya untuk memperkuat NKRI.

"Gus Ipul dan saya berkomitmen untuk menjaga ideologi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan prinsip-prinsip kebhinekaan. Kami berdua juga berkomitmen untuk memperkuat pemerintah pusat," kata Puti.

Puti juga menegaskan komitmennya untuk memperkuat Nawacita dari pemerintahan Presiden Jokowi.

"Pelaksanaan otonomi daerah tidak boleh terlepas dari NKRI," tegas keponakan Megawati itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.