Sukses

Deklarasi Bara JP Dinilai Bukti Pendukung Jokowi Sokong Khofifah-Emil

Langkah Jokowi yang tidak berpihak pada pasangan manapun dinilai sudah sesuai regulasi dan netralitas sebuah lembaga negara.

Liputan6.com, Jakarta - Deklarasi dukungan Barisan Relawan Jokowi for Presiden atau Bara JP dinilai bahwa pemilih loyalis Joko Widodo di Jawa Timur akan mengarahkan sokongannya kepada pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. Pengumuman dukungan itu berlangsung Sabtu 3 Maret 2018.

Demikian itu disampaikan Pengamat Politik Universitas Airlangga (Unair), Airlangga Pribadi Kusman. Ia menilai langkah Jokowi yang tidak berpihak pada pasangan manapun sesuai regulasi dan sikap netralitas sebuah lembaga negara.

"Presiden sudah benar tidak menyatakan diri berpihak pada salah satu paslon secara langsung namun masuknya Bara JP ke kubu Khofifah adalah sinyal kuat bagi dukungan kekuatan sosial presiden ke kubu khofifah," jelas dia, Senin (5/3/2018).

Sebaliknya, pernyataan Ketua Tim Pemenangan, Ahmad Basarah bahwa Presiden mendukung salah satu calon disebut mencoreng citra lembaga tertinggi negara di mata masyarakat. Dalam Pilkada suara dukungan mutlak dari masyarakat tanpa intervensi dari lembaga negara.

"Menyatakan secara terbuka dukungan presiden terhadap kandidat pada saat kampanye itu statemen tidak elok. Itu adalah pernyataan untuk downgrading Presiden Jokowi, seperti menyatakan kepada publik bahwa presiden intervensi dalam momen pilgub yang seharusnya menghormati suara rakyat," terang Airlangga.

Masa kampanye, Doktor dari Murdoch University Australia ini menjelaskan, adalah momen setiap pasangan meraih simpati masyarakat dengan adu program setiap pasangan.

"Sekarang adalah momen kampanye saatnya meraih hati dan fikiran rakyat dengan kekuatan visi misi dan kapasitas elite," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Percaya Diri Rebut Suara Masyarakat

Bahkan, pernyataan tim pasangan Gus Ipul-Puti soal dukungan dari presiden membuktikan lemahnya kompetensi kandidat dan tim untuk meraih simpati masyarakat. Selain itu, hal ini juga menunjukkan tidak layak seorang kandidat tampil sebagai pemimpin Jawa Timur.

"Ketergantungan kandidat terhadap dukungan presiden memperlihatkan lemahnya confident dari calon tersebut terhadap kekuatan konsepsi dan kapasitas dari pasangan maupun tim untuk mandiri dalam merebut hati dan pikiran konstituen," pungkas Airlangga.

 

**Lihat profil para calon yang bertarung dalam Pilkada 2018 di halaman ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.