Sukses

Pengamat: Emil dan Puti Penentu Kemenangan di Pilgub Jatim

irlangga Pribadi menilai popularitas dan elektabilitas Cagub Jatim Gus Ipul dan Khofifah Indar Parawansa sudah mentok.

Liputan6.com, Surabaya - Direktur The Initiative Institute Airlangga Pribadi menilai popularitas dan elektabilitas Cagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansa di Pilkada Jatim sudah mentok.

"Pertarungan pilgub Jatim akan ditentukan bagaimana performa dan kemampuan calon wakil gubernurnya. Yakni, Puti Guntur Soekarno dan Emil Dardak," kata Airlangga di diskusi "Merawat Kebhinekaan: Potensi Politik Identitas dan Isu SARA dalam Pilkada Jatim" di Surabaya, Kamis 22 Februari 2018.

Airlangga juga melihat Pilkada Jatim kurang dinamis. Ini karena dibutuhkan adanya inovasi-inovasi kampanye yang menekankan bagaimana kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur turun ke bawah.

"Ini yang saya pikir belum optimal didorong. Inovasi kedua calon wakil gubernur Puti Guntur Soekarno dan Emil Dardak belum kelihatan," katanya.

Airlangga menyatakan, belum ada inovasi yang muncul pada kedua cawagub. Inovasi cawagub Pilkada Jatim harus muncul sebagai individu atau sendirian untuk menunjukkan bahwa mereka masih layak sebagai wagub Jatim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tim Cyber

Sementara itu, sejumlah partai pengusung yang hadir diacara tersebut mempunyai cara tersendiri untuk memenangkan jagoannya pada kontestasi Pilkada Jatim 2018.

DPD Partai Gerindra Jatim misalnya, menyiapkan tim cyber untuk membantu menyebarluaskan visi misi pasangan calon Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno ke masyarakat. Tim Cyber Gerindra sudah dibekali dengan pelatihan-pelatihan khusus.

"Ini bukan patrol, tapi cyber, DPD menggelar pelatihan tim cyber se Kabupaten/Kota bersama tim Gus Ipul-Puti," kata Wakil Ketua DPD Gerindra Jatim Hendro Subiyantoro usai acara tersebut.

Pembekalan tim cyber Gerindra ini, sekaligus untuk mengantisipasi black compaign baik langsung maupun lewat media sosial. "Selain menyebarkan visi misi, tim cyber ini juga ikut memngklarifikasi berbagai isu negatif terkait pasangan Gus Ipul-Puti," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.