Sukses

MUI: Pilgub Jabar Harus Bebas SARA dan Politik Uang

MUI meminta pilkada di 16 kabupaten kota dan Provinsi Jawa Barat bebas dari SARA serta politik uang.

Liputan6.com, Jakarta Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta pilkada di 16 kabupaten kota dan Provinsi Jawa Barat bebas dari SARA serta politik uang. 

Sekretaris Umum MUI Jawa Barat Rafani Achyar menyatakan, hukum politik uang dalam Islam untuk yang memberi maupun menerima dipastikan masuk neraka.

"Memilih pemimpin sebagaimana diamanatkan oleh fatwa itu wajib hukumnya karena itu kami mengundang seluruh paslon. Jadi, keempat paslon kita undang, kita hadirkan untuk berdialog dengan peserta," kata Rafani Achyar di Hotel Grand Pasundan, Jalan Peta, Bandung, Rabu, (21/2/2018).

Rafani Achyar menyebutkan, sampai pertengahan acara MUI berlangsung, hanya calon gubernur Jabar Tubagus Hasanuddin yang datang.

Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin berkomitmen tidak akan melakukan politik uang atau politisasi SARA dalam berkampanye.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Larang Fitnah

"Saya itu mantan pejabat, petugas keamanan ya tidak mungkinlah saya melakukan hal seperti itu," kata TB Hasanuddin.

Dia mengaku telah memerintahkan kepada seluruh pendukungnya tidak fitnah, berburuk sangka, memojokkan orang lain, karena selain melanggar aturan juga menyalahi agama. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.