Sukses

Ini Deklarasi Damai Pasangan Cagub dan Cawagub Jawa Tengah

Di Makassar, Sulawesi Selatan, deklarasi damai dilakukan dengan gerak jalan santai yang dihadiri langsung Ketua KPI RI Arief Budiman.

Liputan6.com, Semarang - Memasuki masa kampanye Pilkada 2018, pasangan calon (paslon) di sejumlah daerah mendeklarasikan kampanye damai.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (18/2/2018), paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-Taj Yassin dan Sudirman Said-Ida Fauziyah dengan lantang membacakan deklarasi damai yang digelar di halaman kantor KPU, Jalan Veteran, Semarang.

Deklarasi kampanye damai ini berisi komitmen paslon untuk mewujudkan kampanye sehat, demokratis, dan dapat mengedukasi masyarakat. Demi kedaulatan pemilih, disepakati pula kampanye tanpa politisasi sara, anti hoax serta tanpa politik uang.

Setelah pembacaan deklarasi damai, para paslon melepas burung merpati serta balon udara sebagai simbol perdamaian dan persaudaraan.

Di Makassar, Sulawesi Selatan, deklarasi damai dilakukan dengan gerak jalan santai yang dihadiri langsung Ketua KPI RI Arief Budiman.

Hadir pula 5.000 komisioner, Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PDPP), Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) Se-Indonesia serta empat paslon gubernur dan wakil gubernur Sulse dan dua paslon calon walikota dan wakil walikota Makassar.

Jalan santai ini juga dimeriahkan dengan hadirnya empat etnis di Sulsel, yakni Toraja, Bugis, Makassar, dan Mandar. Tak ketinggalan warga Tionghoa yang menggelar tarian barongsai sebagai simbul kerukunan dalam keberagaman.