Sukses

Pilkada Sumut, 2 Pasangan Cagub Komitmen Kampanye Damai

Pembacaan deklarasi disaksikan Komisioner KPU RI Ilham Saputra, Komisioner KPU Sumut, Komisioner Bawaslu Sumut, Wakapolda Sumut.

Liputan6.com, Medan - Dua pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung di Pilkada Sumatera Utara 2018, berkomitmen mewujudkan kampanye damai.

Komitmen tersebut dinyatakan masing-masing Paslon saat menghadiri deklarasi kampanye damai yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Daerah Sumatera Utara (KPUD Sumut) di Taman Budaya Sumut, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Medan, Minggu (18/2/2018).

Dalam deklarasi kampanye damai ini, pasangan calon nomor urut 2 Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus hadir berbarengan. Sementara cagub nomor 1 Edy Rahmayadi tanpa calon wakilnya Musa Rajeckshah (Ijeck).

Di lokasi, mereka membaca deklarasi kampanye damai bersama-sama. Pembacaan dipimpin langsung Ketua KPUD Sumut Mulia Banurea yang diikuti secara serentak peserta Pilkada Sumut 2018 itu.

"Satu, berjanji siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dua, siap melaksanakan kampanye yang damai, demokrasi, dan mengedukasi dalam rangka mewujudkan kedaulatan pemilih," ucap Mulia Banurea saat membacakan deklarasi diikuti masing-masing pasangan calon.

Kemudian pada butir ketiga, masing-masing pasangan calon di Pilkada Sumut 2018 siap melaksanakan kampanye tanpa hoax, politisasi Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA), serta politik uang. Dan yang keempat, masing-masing pasangan calon tunduk dan patuh terhadap peraturan perundangan-undangan yang berlaku di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teken Deklarasi

Setelah pembacaan deklarasi, masing-masing Paslon, Ketua dan Sekretaris Tim Pelaksana Kampanye Pasangan calon menandatangani deklarasi kampanye damai Pilgub Sumut 2018 tersebut.

Pembacaan dan penandatanganan deklarasi disaksikan langsung Komisioner KPU RI Ilham Saputra, Komisioner KPU Sumut, Komisioner Bawaslu Sumut, Wakapolda Sumut, perwakilan Pangdam I/BB, Pangkosek Hanudnas III, tamu undangan lainnya, serta ratusan pendukung dari masing-masing Paslon.

Selain deklarasi kampanye damai, kegiatan juga dirangkai dengan berbagai acara lainnya seperti pembacaan puisi, hiburan stand up comedy, serta pawai mobil hias dari tim Paslon.

Pilgub Sumut 2018 diikuti dua pasangan calon. Pasangan nomor urut 1 Edy-Ijeck diusung enam parpol yakni Golkar, Gerindra, Hanura, PKS, PAN, dan Nasdem dengan jumlah 60 kursi DPRD Sumut. Sementara Paslon nomor urut 2 Djarot-Sihar diusung dua parpol yakni PDIP dan PPP dengan jumlah 20 kursi DPRD Sumut. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.