Sukses

Ini Ajaran Orangtua Ganjar Pranowo yang Berkesan hingga Kini

Ganjar Pranowo mengungkapkan sikap yang diajarkan orangtuanya semasa kecil, yang hingga kini berkesan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah yang juga kembali maju dalam perhelatan Pilkada Jateng 2018, Ganjar Pranowo, bercerita tentang masa kecilnya. Dia mengaku telah mendapat bekal disiplin dan mandiri dari sang ayah dan ibu.

Dia menuturkan, sikap disiplin itu muncul saat sang ibu memintanya membuat nasi goreng setiap pagi. Di mana kala itu ia harus memanaskan terlebih dahulu minyak goreng yang telah membeku akibat cuaca dingin di lereng Lawu.

"Bapak-ibu mengajari disiplin, mandiri. Itu yang sampai hari ini menjadi kesan luar biasa," cerita Ganjar Pranowo saat menyambangi kantor Liputan6.com, Rabu, 31 Januari 2018.

Dia juga mengungkapkan tentang sikap sang ibu yang mengajarinya saling berbagi dan berlaku dengan adil. Ia selalu teringat, saat sang ibu membagikan satu telur rebus untuk enam orang anaknya, bahkan itu dipotong dengan benang.

"Keluarga kami miskin sekali, polisi rendahan, yang terkesan telur rebus yang dimasak ibu saya itu selalu dibagi ke enam anaknya dan dipotong dengan benang. Jadi, kita kebagian seperempat," ungkap Ganjar Pranowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tertuang dalam Novel

Semua cerita ini, ujar dia, dapat dibaca dalam novel berjudul Anak Negeri yang dirilisnya pada 29 Januari 2018. Sang penulis, Gatotkaca Suroso, menurut Ganjar telah mencoba menggambarkan bagaimana sebenarnya masa kecil dengan gaya penulisan yang berbeda.

"Di novel itu sebenarnya ingin menceritakan perjalanan saya. Si Gatotkaca menulisnya dengan cara dialah," tukas Ganjar Pranowo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.