Sukses

Sempat Jadi Rival, Mengapa Soekarwo Kini Dukung Khofifah?

Pemikiran Khofifah, kata dia, dapat mendukung pembangunan Jawa Timur.

Liputan6.com, Surabaya - Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo, sudah dua periode menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur. Selama 10 tahun didampingi oleh wali gubermur, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, Pakde Karwo sempat menjadi rival Khofifah Indar Parawansa.

Namun, di Pilgub Jawa Timur 2018, secara pribadi, pria yang karib disapa Pakde Karwo itu justru mendukung Khofifah ketimbang wakilnya saat ini, Gus Ipul.

"Secara pribadi dari hati saya, saya dukung Bu Khofifah. Kenapa? Ini karena kecerdasan beliau," tutur Pakde Karwo saat ditemui di gedung DPD Demokrat Jatim, Sabtu (30/1/2018).

Pemikiran Khofifah, kata dia, dapat mendukung pembangunan Jawa Timur. Sehingga, jika Khofifah terpilih sebagai gubernur, dia yakin bisa meneruskan program pengentasan kemiskinan, khusunya di wilayah Madura.

"Saya yakin beliau mampu. Makanya, saya titipkan program khusus untuk meneruskan pengentasan kemiskinan, khususnya Madura," kata Pakde Karwo.

Pakde Karwo juga menampik terkait isu yang mengatakan jika Demokrat masih setengah hati mendukung Khofifah - Emil di pilgub Jatim.

"Saya ulangi, saya atau pun Demokrat, sepenuhnya mendukung Bu Khofifah. Nyonya saya saja menginginkan Bu Khofifah yang jadi Gubernur Jatim. Nyonya saya itu kagum karena kehebatan Bu Khofifah," ujar Pakde Karwo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bocoran Program

Bakal Calon Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, menyiapkan sembilan program khusus untuk memenangkan pertarungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim.

Hal tersebut disampaikan Khofifah saat melakukan silaturrahim ke Ketua Demokrat Jatim, Soekarwo atau Pakde Karwo, beserta sejumlah kader di kantor DPD Demokrat Jatim di Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Khofifah, nama program khusus yang telah dirumuskan bila nanti ditakdirkan menjadi Gubernur Jatim ialah Nawa Bhakti Satya. Program ini mirip dengan program Presiden Joko Widodo, yakni Nawa Cita.

"Boleh saya bocorkan, Pakde. Programnya namanya Nawa Bhakti Satya," tutur Khofifah, Selasa (30/1/2018).

Khofifah menjelaskan, Nawa Bhakti Satya, adalah sembilan program khusus yang dirumuskan untuk Jawa Timur yang lebih sejahtera dan mulia.

"Mendedikasikan seluruh energi positif kita untuk Jawa Timur supaya lebih mulia," kata Khofifah.

Ada sembilan area strategis dalam rumusan Nawa Bhakti Satya yang akan dikerjakan secara bersama-sama nantinya.

"Membangun partnership, itu sesuai dengan tagline kita Kerja Bersama, tentu partnership menuju kemuliaan, mulia di mata masyarakat, mulia di mata bangsa-bangsa lain, dan mulia di hadapan Allah," ujar Khofifah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.