Sukses

Jelang Pilkada Jatim, TNI Bangkalan Latihan Atasi Huru-hara

Kegiatan latihan PHH ini diikuti oleh personel Kodim 0829/Bangkalan beserta Koramil.

Liputan6.com, Bangkalan - Menjelang pelaksanaan Pilkada Jawa Timur, Kodim 089 Bangkalan menggelar latihan huru-hara. Kepala Staf Kodim 0829 Bangkalan Mayor Inf Mahmudi mengatakan latihan ini untuk penanganan konflik sosial, mencegah serta mengantisipasi segala kemungkinan gangguan keamanan dan ketertiban yang ada di Kabupaten Bangkalan.

"Melalui kegiatan latihan Penanggulangan Huru Hara (PHH), sebagai salah satu tugas TNI membantu tugas-tugas Polri khususnya ketika menghadapi aksi huru hara," tutur Mahmudi, Selasa 23 Januari 2019.

Kegiatan latihan PHH ini, kata dia, diikuti oleh personel Kodim 0829/Bangkalan beserta Koramil jajaran yang dilaksanakan di lapangan Makodim 0829 di Jalan Letnan Abdullah No. 4 Bangkalan.

Dia menyampaikan, kegiatan latihan PHH ini merupakan program satuan yang di intruksikan pimpinan TNI AD pada kegiatan minggu militer dalam rangka meningkatkan profesionalisme keprajuritan dan mengasah kemampuan, mempertajam pengetahuan serta kemahiran prajurit.

Menurutnya, PHH merupakan rangkaian kegiatan, proses atau cara dalam mengantisipasi atau menghadapi terjadinya kerusuhan.

"Latihan tersebut untuk menyamakan teknik dan taktik ketika melakukan penanggulangan huru-hara sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan mengantisipasi segala kemungkinan gangguan yang ada," ucapnya.

Lebih lanjut, Mahmudi mengungkapkan, kegiatan latihan tersebut meliputi tiga sesi materi yakni latihan formasi, latihan penindakan massa, dan latihan penyelamatan korban. Diharapkan, prajurit TNI AD bisa mengamankan situasi bila terjadinya kerusuhan.

"Kegiatan latihan dilaksanakan dengan materi, sikap dasar PHH, membentuk formasi bersyaf, paruh lembing, teknik dorongan serta teknik dorongan dengan sabetan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanakan materi perubahan formasi," ujarn Mahmudi.

Dia menjelaskan, untuk lebih memantapkan gerakan, formasi dan perubahan formasi maka gerakan latihan tersebut dilaksanakan secata berulang-ulang hingga seluruh anggota benar-benar mengerti dan paham.

"Tentunya latihan PHH ini dilakukan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut mulai dengan hubungan regu sampai dengan hubungan peleton," kata Mahmudi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Penanganan Unjuk Rasa

Mahmudi mengatakan, selama kegiatan diberikan materi langsung terkait persiapan penanganan aksi unjuk rasa apabila massa melakukan tindakan anarkistis.

"Berlatih bagaimana mengambil langkah-langkah awal sebagai bentuk pencegahan dan tindakan tegas yang terukur sesuai dengan hukum dan prosedur," ucap dia.

Anggota Kodim 0829/Bangkalan juga diminta dapat menciptakan sinergitas yang baik dengan seluruh aparat keamanan yang ada di wilayah Kabupaten Bangkalan dalam menangani setiap potensi konflik yang dimungkinkan terjadi.

"Makanya diharapkan dengan mengikuti PHH seluruh anggota dapat memaksimalkan tugas sebagaimana mestinya," kata Mahmudi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.