Tes Kesehatan Hari Kedua, Darah dan Urine Para Calon Akan Diambil

Oleh Reza Efendi pada 12 Jan 2018, 13:06 WIB
Ketiga pasangan cagub dan cawagub Pilkada Sumut 2018 menjalani tes kesehatan hari kedua

Liputan6.com, Medan - Tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Sumut 2018 kembali menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, di Jalan Bunga Lau, Kota Medan. Kali ini merupakan hari kedua pemeriksaan kesehatan.

Ketiga pasangan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Edy-Ijeck), Jopinus Ramli Saragih-Ance Selian (JR Saragih-Ance), dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djarot-Sihar) hadir di RSUP Haji Adam Malik sekitar pukul 08.00 WIB.

Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan Pilkada 2018 dr Ramlan Sitompul mengatakan, pada pemeriksaan kali ini, ketiga pasangan calon akan diperiksa kondisi kesehatan secara medis. Pemeriksaan mulai dari kesehatan mata, penyakit dalam, sampai pengambilan sampel darah, dan urine.

"Ketiganya dilakukan pengambilan darah dan tes urine di Gedung Paviliun RSUP Haji Adam Malik," kata dr. Ramlan, Jumat (12/1/2018).

Dia menjelaskan, pada hari pertama tes kesehatan kemarin, Kamis, 11 Januari 2018, ketiga pasangan calon Pilkada 2018 hanya dominan tes psikologi. Untuk hari kedua ini tes kesehatan ketiga paslon lebih dominan benar-benar kepada kesehatan.

"Hari ini ada dari Badan Narkotika Nasional. Juga akan dilakukan USG. Intinya semua bagian tubuh paslon diperiksa," ucap Ramlan.

 

 

1 of 2

Hasil Akan Diserahkan ke KPU

Ilustrasi Pilkada Serentak
Ilustrasi Pilkada Serentak

Nantinya, seluruh hasil tes kesehatan terhadap ketiga paslon selama dua hari yang dilakukan oleh tim dokter akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut. Kemudian hasil rapat pleno KPU Sumut yang akan menentukan lulus atau tidaknya pasangan calon dari tes kesehatan tersebut.

Divisi Teknis KPU Sumut Benget Silitonga menyebut, ada tiga aspek yang akan dinilai dalam tes kesehatan terhadap ketiga paslon yang akan maju dalam Pilkada Sumut 2018. Ketiga aspek tersebut adalah psikologi, kesehatan, dan narkotika.

"Kami informasikan, nantinya keputusan bersifat mengikat dan final. Semua aspek yang ditentukan harus dipenuhi oleh pasangan calon," tegasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓
MattbelammyMattbelammy

Biar para calon pilkada tidak mengidap ppenyakit berbahaya

B PuteraB Putera

Semoga mereka yg gagal nanti tetap sehat fisik dan psikisnya

M GalihM Galih

Semoga pilkada kita aman tentram. Tdk perlu ada isu yg memecah belah kita semua

Lihat Lainnya