Gaya Ridwan Kamil, Khofifah dan Gus Ipul Jalani Tes Kesehatan

Oleh Huyogo SimbolonDian Kurniawan pada 11 Jan 2018, 11:54 WIB
Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan cagub dan cawagub Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum hari ini mengikuti tes kesehatan yang diselenggarakan KPU Jawa Barat di Paviliun Parahyangan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Hasan Sadikin, Kota Bandung.

Ridwan dan Uu datang bersama-sama sekitar pukul 07.00 WIB. Wali Kota Bandung yang karib disapa Emil itu tampil sporty dengan kaus warna hitam dan celana training hitam. Sementara Uu mengenakan kaus berwarna biru langit, plus peci putih yang selalu dikenakannya.

Sebelum menjalani tes kesehatan, Emil mengaku menyempatkan diri untuk berolahraga ringan di Pendopo Kota Bandung.

"Saya sempat berolahraga di treadmil selama sekitar 60 menit, tapi selebihnya tidak ada persiapan khusus," kata Ridwan di RSUP Hasan Sadikin, Kamis (11/1/2018).

Sementara cawagub Uu menyampaikan harapan agar semua proses yang dilalui hari ini berjalan lancar.

"Insyaallah (tes kesehatan) semuanya lancar," ujar dia.

Pemeriksaan tes kesehatan cagub dan cawagub ini diikuti oleh seluruh pasangan yang sudah mendaftar ke KPU Jabar. Pemeriksaan kesehatan cagub dan cawagub dilakukan secara menyeluruh sehingga baru selesai sore nanti.

1 of 3

Khofifah dan Gus Ipul

ipul
Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, kompak menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Soetomo Surabaya, Kamis (11/1/2018). (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara itu, dua pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, kompak menjalani pemeriksaan kesehatan psikologi di Graha Amerta RSUD dr Soetomo Surabaya, Kamis pagi.

Emil Elistianto Dardak mengenakan baju putih dan celana warna kecokelatan, datang terlebih dahulu menjelang pukul 07.00 WIB, kemudian langsung menuju lantai 2 Graha Amerta.

"Selamat pagi kawan-kawan wartawan. Matur nuwun, matur nuwun," sapa Emil kepada awak media yang sudah menunggu kedatangan pasangan cagub dan cawagub Pilkada Jatim 2018, Kamis (11/1/2018).

Selang sekitar 10 menit kemudian, Khofifah Indar Parawansa hadir di Graha Amerta. Emil yang sudah berada dilantai 2, turun menemui Khofifah, bersalaman lalu keduanya naik ke lantai 2 Graha Amerta.

Menjelang pukul 07.30 WUB, pasangan cagub dan cawagub Syaifullah Yusuf-Putih Guntur Soekarno, datang bersama-sama. Gus Ipul sapaan Syaifullah Yusuf, mengenakan baju koko warna putih celana hitam, menyapa para relawannya, lalu menemui awak media.

"Yok opo rek? Wes akeh tah stok fotone? Aman yoo (Bagaimana, stok fotonya sudah banyak belum? Aman ya)," sapa Gus Ipul sambil berjalan menuju tangga dan kemudian bersama Puti Guntur Soekarno sejenak berhenti di tangga untuk diabadikan para awak media.

Salah satu anggota tim pemenangan Khofifah-Emil, Ari Kusuma menyampaikan bahwa pemeriksaan kesehatan pagi ini merupakan pemeriksaan kesehatan yang wajib dilakukan setiap pasangan Cagub dan cawagub Pilkada Jatim 2018.

"Pagi ini pemeriksaan kesehatan wajib diikuti pasangan cagub cawagub Pilkada Jatim 2018 setelah melakukukan pendaftaran di KPU Jawa timur. Semalam Ibu Khofifah dan Mas Emil sehat-sehat saja, sebelum berangkat tadi juga saling berkomunikasi lewat handphone," kata Ari.

2 of 3

Tes Kesehatan 2 Hari

ipul
Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, kompak menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Soetomo Surabaya, Kamis (11/1/2018). (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara itu, Direktur RSUD dr. Soetomo, Dr. Harsono mengatakan, pemeriksaan kesehatan hari ini diperkirakan akan memakan waktu sekurangnya 4 jam.

Untuk hari pertama yakni pemeriksaan psikiater memerlukan waktu empat jam. Tes kesehatan bagi paslon dibagi menjadi dua tahap dan berakhir pada besok hari.

"Ini untuk pemeriksaan psikiater. Ada dua tahap dua hari, dibagi dua grub yakni A dan B, grub A pemeriksaan psikiater. Jadi pemeriksaan kesehatannya untuk tahun ini lebih komplit," tutur Harsono.

Ia menambahkan cagub dan cawagub masuk grub B yang meliputi wilayah provinsi dua paslon, Kabupaten Proboliggo dua paslon, Kota Kediri empat paslon.

"Hari ini psikiater, untuk besok pemeriksaan fisik," ujarnya.

Hingga saat ini, pemeriksaan paslon masih berlangsung. Akses pemeriksaan dilantai dua dijaga ketat tim keamanan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓