Sukses

Daftar Pilkada Jatim ke KPU, Khofifah Cuti dari Mensos

Khofifah Indarparawansa mengajukan cuti sebagai Menteri Sosial saat mendaftar sebagai calon Gubernur Jawa Timur ke KPU.

Liputan6.com, Surabaya - Khofifah Indarparawansa mengajukan cuti sebagai Menteri Sosial saat mendaftar sebagai calon Gubernur Jawa Timur ke KPU.

"Hari ini saya cuti, makanya waktu datang ke sini tanpa ada pengawalan dari protokoler," tutur saat mendatangi Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Surabaya, Rabu (10/1/2018).

Sementara itu, aksi pawai mengawal perjalanan pasangan Khofifah-Emil Dardak yang akan mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur dan bakal calon wakil Gubernur Jawa Timur.

Selain itu, akan diiringi Selawat Badar yang berjalan sekitar setengah kilometer dari kantor KPU Jatim. Kedua pasangan ini nantinya berjalan dan didampingi seluruh pendukungnya.

Salah satu tim pemenangan Khofifah-Emil Dardak, Ari Kusuma menjelaskan, pihaknya sengaja menyemarakkan pendaftaran pasangan Khofifah-Emil ini.

"Karena mewakili Agamis, Nasionalis, dan mewakili Jawa Timur," kata Ari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semarak Dukungan

Para pendukung yang terdiri dari relawan dan partai politik, telah memadati seputar kantor KPU, bahkan sepanjang setengah kilometer jalur arah KPU. Mereka membawa bendera parpol serta baliho dukungan.

"Sebanyak 37 kelompok relawan, dan 2.200 relawan hadir," ucapnya.

Dengan mengenakan atribut parpol pendukung masing masing, relawan juga mengenakan identitas baju putih melambangkan kedua pasangan ini.

Seluruh pimpinan partai pendukung hadir mengantarkan pasangan Khofifah-Emil Dardak ke KPU Jatim termasuk Ketua DPD Partai Demokrat Soekarwo. Kecuali Partai Golkar yang bersamaan pendaftaran ke Jombang, serta partai Hanura ke Mojokerto.

"Jadi selebihnya datang semua. Pakde (Karwo) datang, terus konfirmasi hadir Hanura hadir, PPP hadir, terus kemudian PKPI hadir," ujarnya.

Sementara itu, untuk pengamanan dan kenyamanan pasangan calon dan para pendukungnya, kepolisian telah menutup jalan satu arah dari pertigaan Jalan Jemursari, hingga perempatan Jalan Tenggilis Barat.

Saksikan video di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.