Sukses

Alasan PDIP Umumkan Cawagub Gus Ipul Besok

PDIP batal umumkan pengganti Azwar Anas sebagai cawagub Saifullah Yusuf di Pilgub Jatim, hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP batal mengumumkan pengganti Abdullah Azwar Anas sebagai cawagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Pilgub Jatim, hari ini. Mengikuti tradisi Presiden Jokowi, pengumuman akan dilakukan besok pada Rabu 10 Januari 2018.

"Kami pastikan bukan hari ini, ya besok. Ya kita ikuti tradisi Pak Presiden mengumumkan Rabu. Kan bagus," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Selasa (9/1/2017).

Seperti diketahui, Jokowi memang memiliki kebiasaan mengumumkan sesuatu tentang isu strategis pada Rabu. Misalnya, saat mengumumkan reshuffle kabinet pada 2015 dan 2016.

Dia memastikan pengumuman cawagub Gus Ipul di hari Rabu tidak akan terlambat, karena hari terakhir pendaftaran pada Rabu pukul 00.00 WIB atau tengah malam di Komisi Pemilihan Umum Jatim .

Hasto mengatakan, PDIP sangat hati-hati dalam mengumumkan pendamping Gus Ipul. Sehinggga, tidak terburu-buru dalam memutuskan. Partai berlambang banteng itu ingin betul-betul mencari pemimpin yang berdedikasi untuk rakyat dan negara, tak semata-mata untuk kekuasaan saja.

"Jadi betul-betul mempresentasikan bangsa dan negara, bukan pemburu kekuasaan," kata dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan Gus Ipul

Sementara, bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf memiliki kriteria untuk bakal cawagubnya. Gus Ipul, sapaan akrabnya, menyampaikan, pasangan adalah orang yang dapat meneruskan rencananya selama ini.

"Ya, inginnya bisa saling melengkapi dan memperkuat dan meneruskan rencana selama ini," ujar Gus Ipul di kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 8 Januari 2018.

Keinginan untuk tetap mengusung aliran nasionalis - religius pun disampaikannya, begitu juga dengan bisa tetap berkoalisinya PKB dan PDIP dalam pesta demokrasi terbesar di Jawa Timur nanti.

Hingga saat ini, belum diketahui siapa yang akan menjadi pasangannya dalam Pilkada Jatim kelak.

Meskipun begitu, terselip kesedihan dalam kata-kata Gus Ipul ketika mengingat Azwar Anas, yang merupakan bakal cawagubnya mundur.

"Kalau ibarat jalan, saya sudah 30-40% dengan Mas Anas. Kita hormati, kita tidak nyangka juga kan. Ada musibah politik ini di luar dugaan," ucap Saifullah Yusuf, mengingat sosok Azwar Anas yang mundur dari posisi bakal cawagub.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.