Sukses

Pengganti Azwar Anas di Pilkada Jatim Diumumkan Besok

Wakil Sekjen PKB Jazilul Fawaid menyatakan untuk pengganti Abdullah Azwar Anas tetap akan dari PDIP.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP akan mengumumkan pengganti Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang mundur sebagai bakal cawagub di Pilkada Jatim pada Rabu, 10 Januari 2018. Azwar Anas sebelumnya berdampingan dengan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Namun, Ketua DPP PDIP Andreas Pereira enggan menjelaskan secara detail siapa pengganti Azwar Anas. Hal yang dia tekankan, yaitu calon tersebut dari kalangan muda.

"Besok diumumkan. Pokoknya kalau laki-laki ganteng, perempuan cantik. Pokoknya orang muda," kata Andreas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2018).

Dia mengatakan, apa yang dialami Abdullah Azwar Anas, sehingga mundur sebagai bakal calon wakil gubernur di Pilkada Jatim tidaklah adil. Apalagi hal itu merupakan suatu permasalahan pribadi dari kadernya tersebut.

"Kita berikan bantuan back up kepada Pak Azwar karena diserang dengan isu yang tidak fair, karena itu pribadi," ujar dia.

Di lokasi yang sama, Wakil Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menyatakan untuk pengganti Abdullah Azwar Anas tetap akan dari PDIP. Untuk nama-namanya juga masih dibahas di internal mereka.

"Ini sudah mulai ada titik temu dan akan diumumkan. Ada Pak Basarah (Wasekjen PDIP Ahmad Basarah), Pak Ipong (Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni). Ada beberapa nama yang masih digodok," kata Jazilul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kriteria Pendamping Gus Ipul

Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf memiliki kriteria untuk bakal cawagubnya. Gus Ipul, sapaan akrabnya, menyampaikan pasangan adalah orang yang dapat meneruskan rencananya selama ini.

"Ya, inginnya bisa saling melengkapi dan memperkuat dan meneruskan rencana selama ini," ujar Gus Ipul di kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 8 Januari 2018.

Keinginan untuk tetap mengusung aliran nasionalis-religius pun disampaikannya, begitu juga dengan bisa tetap berkoalisinya PKB dan PDIP dalam pesta demokrasi terbesar di Jawa Timur nanti.

Hingga saat ini, belum diketahui siapa yang akan menjadi pasangannya dalam Pilkada Jatim kelak.

Meskipun begitu, terselip kesedihan dalam kata-kata Gus Ipul ketika mengingat Azwar Anas, yang merupakan bakal cawagubnya mundur.

"Kalau ibarat jalan, saya sudah 30-40% dengan Mas Anas. Kita hormati. Kita tidak nyangka juga, kan? Ada musibah politik ini di luar dugaan," ucap Saifullah Yusuf.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.