Sukses

PKB Segera Umumkan Ida Fauziah Jadi Pendamping Sudirman Said

Anggota Komisi III DPR ini menyatakan, Ida merupakan satu-satunya bakal calon di Pilkada Jateng 2018 yang mewakili kaum perempuan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menyatakan partainya akan mengusung Ida Fauziah sebagai pendamping bakal calon Gubernur Sudirman Said di Pilkada Jateng 2018.

"Di Jateng Pak Sudirman Said dan Ibu Ida, nanti akan diumumkan jam 14.00 WIB," kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2018).

Anggota Komisi III DPR ini menyatakan, Ida merupakan satu-satunya bakal calon di Pilkada Jateng 2018 yang mewakili kaum perempuan. Sehingga ini dapat memberikan harapan baru untuk Jawa Tengah.

"Porsi pemilih perempuan mesti diberikan tempat, hampir 40-50 pemilih merupakan perempuan," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menyatakan Partai Demokrat berkoalisi dengan PDI Perjuangan di Pilkada Jateng 2018.

"Di Jawa Tengah, kami mengusung calon Gubernur Ganjar Pranowo, kemudian Wakil Gubernurnya Taj Yasin Maimoen. Ini berkoalisi dengan PDIP dan PPP," ujar SBY di kantor DPP Demokrat, Jakarta, Minggu (7/1/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cawagub Pilihan Sudirman

Sebelumnya, Sudirman Said membeberkan sejumlah nama yang nantinya akan dipilih untuk maju sebagai calon wakil gubernur di Pilkada 2018. Setidaknya ada tujuh sosok yang menjadi catatan dan masukan baik dari partai politik dan masyarakat.

Pertama ada Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Ferry Juliantono. Kemudian dari kalangan Nahdliyin didorong sosok Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH Yusuf Chudlori.

"Haji Yusuf Chudlori dari Pesantren Tegalrejo. Beliau orang baik, tak punya catatan buruk di masa lalu," ujar Sudirman Said di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (2/01/2018).

Nama yang disebut kemudian adalah mantan Bupati Kebumen Rustriningsih. Dia juga dikenal sebagai mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2008-2013. "Dari Sarang Rembang muncul sejumlah nama. Itu putra Kiai Haji Maimun," jelas dia.

Tiga nama putra Mbah Maimun Zubair pun disebutkan. Mereka dikenal dengan Gus Yasin, Majid Kamil alias Gus Kamil, dan Abdul Gofur atau Gus Gofur.

"Mbah Maimun punya reputasi putra-putranya sangat komitmen pada ilmu dan pendidikan," kata Sudirman Said.

Nama terakhir adalah Ariyanti Dewi yang merupakan kader Partai Golkar. Meski partai tersebut belum menentukan sikap terkait Pilkada Jawa Tengah, dia berharap ada jalinan hubungan baik dengan kemunculan nama tersebut.

"Sambil memikirkan kemungkinan dan adanya kerja sama (dengan Partai Golkar)," Sudirman Said menandaskan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.