Sukses

Demokrat-PDIP Berkoalisi Usung Ganjar Pranowo di Pilkada Jateng

Demokrat bersama PDIP dan PPP mengusung calon Gubernur Ganjar Pranowo dan calon Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengumumkan 17 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada 2018. Salah satunya adalah pasangan calon pada Pilkada Jawa Tengah 2018.

"Di Jawa Tengah, kami mengusung calon Gubernur Ganjar Pranowo, kemudian wakil Gubernurnya Taj Yasin Maimoen. Ini berkoalisi dengan PDIP dan PPP," ujar SBY di kantor DPP Demokrat, Jakarta, Minggu (7/1/2018).

Selain Jawa Tengah, ada 16 pasangan cagub dan cawagub yang diusung Demokrat pada Pilkada 2018. Yaitu Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Di wilayah tengah yakni Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur. Kemudian disusul Sulawesi Selatan serta Sulawesi Tenggara. Sedangkan wilayah timur ada Pilkada Maluku, Papua, dan Maluku Utara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komunikasi Kiai

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku sudah berkomunikasi dengan KH Said Aqil Siradj, dengan KH Maimoen Zubair, atau Mbah Maimoen, serta para kiai soal pasangan Ganjar-Yasin.

"Saya juga berkomunikasi dengan Ketua Umum PKB, Cak Imin, dan Ketua Umum PPP Gus Romi," kata dia.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, sebenarnya nama-nama calon cubernur dan wakil gubernur untuk seluruh daerah yang akan menggelar Pilkada sudah dikerucutkan saat rapat di kantor DPP PDIP pada Jumat 5 Januari 2018.

"Inilah yang kami dialogkan dengan partai-partai lain, tetapi prinsipnya nama-nama sudah disetujui tinggal diumumkan besok. Dan termasuk yang lain-lain," terang Hasto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.