Sukses

Pilkada Tiga Daerah di Banten Berpotensi Lawan Kotak Kosong

Tiga daerah di Banten yang berpotensi hanya diikuti satu pasangan, yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Lebak.

Liputan6.com, Banten - Para calon kepala daerah dari partai politik di tiga daerah Banten diprediksi akan melawan kotak kosong di Pilkada Serentak 2018.

Tiga daerah itu adalah Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Lebak. Adapun, Kota Serang memiliki banyak pasangan calon kepala daerah.

"Tapi kita masih menunggu (pendaftaran calon parpol), tapi tiga daerah itu berpotensi (melawan kotak kosong)," kata Ketua KPU Agus Supriatna di Banten, beberapa waktu lalu.

Pendaftaran pasangan calon melalui jalur politik akan berlangsung pada 6-8 Januari 2017. Sementara itu, pendaftaran calon jalur perseorangan telah berlalu, yaitu pada 25-29 November 2017.

"Kalau kita lihat sekarang ini, yang agak rame di Kota Serang, karena yang daftar ada tiga calon perseorangan, nanti belum dari partai," terangnya.

Di Pilkada Kota Tangerang, yang akan maju adalah pasangan petahana Arief R Wismansyah-Sachrudin yang diusung Demokrat, PAN, Gerindra, dan Nasdem.

Untuk Kabupaten Tangerang, muncul nama calon petahana, Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli (Ketua DPRD Kabupaten Tangerang. Keduanya sama-sama dari Partai Golkar, yang mendapatkan dukungan dari parpol PDIP, PAN, Nasdem, PPP, Demokrat, PKPI, PBB, Gerindra, dan PKS.

Kemudian di Kabupaten Lebak, calon petahana, Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi, akan kembali maju di Tanah Multatuli, yang di dukung hampir semua partai, seperti Demokrat, PDIP, Golkar, PAN, PKS, PPP, Hanura, PKB, dan Gerindra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.