Sukses

Soal Isu Risma Gantikan Anas di Pilkada Jatim, PDIP: Enggak Ada

Hasto memastikan, bakal calon wakil gubernur Jawa Timur Azwar Anas tidak mengundurkan diri dari pencalonan di Pilkada Jatim, 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menampik adanya isu pergantian bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur, dari Anas Azwar ke Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

"Enggak, enggak ada, Bu Risma itu sebagai wali kota. Kita hormati," kata Hasto di kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Jalam Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 5 Januari 2018.

Hasto memastikan, bakal calon wakil gubernur Jawa Timur (Jatim) 2018 Azwar Anas tidak mengundurkan diri dari pencalonan itu.

"Bahwa Abdulah Azwar Anas tidak mengundurkan diri," kata Hasto.

Dia menjelaskan, partainya membuat keputusan politik melalui pertimbangan yang matang dengan berbagai tahapan yang jelas. Seperti halnya pengambilan keputusan soal isu mundurnya Anas.

"Yang bisa membatalkan apabila sebelum pendaftaran calon mengundurkan diri kemudian ada persoalan berhalangan tetap. Dan ada faktor di dalam pertimbangan pusat partai layak di kabulkan, sekiranya ada mengundurkan diri tersebut," ujar Hasto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gus Ipul Terkejut

Hasto mengungkapkan, sebenarnya bakal calon Gubernur Jatim 2018 Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sempat kaget akan pertanyaan awak media soal mundurnya Anas. Kata dia, Gus Ipul juga sempat mengklarifikasi kepada Bupati Banyuwangi itu.

Menurut Hasto, pasangan Gus Ipul-Anas merupakan kalangan dari Nahdlatul Ulama yang berkualitas baik.

"Gus Ipul dan Anas betul-betul pemimpin memiliki kualifikasi yang baik. Kemudian digunakanlah berbagai upaya, berbagai isu yang bisa dipertanggungjawabkan," jelas Hasto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.