Sukses

Kecuali Aceh dan DKI, Mendagri Lantik Pemenang Pilkada Hari Ini

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan melantik kepala daerah terpilih dan wakilnya hasil Pilkada Serentak 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan melantik kepala daerah terpilih dan wakilnya, hasil Pilkada Serentak 2017 secara bertahap. Sebagian besar pemenang Pilkada 2017 diagendakan dilantik hari ini, Jumat (12/5/2017), sore, kecuali Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh dan DKI Jakarta.

"Hari Jumat sore. Semuanya, Banten, Gorontalo, Sulbar, Bangka Belirung, Papua Barat, plus Wagub Riau yang kosong," kata Tjahjo seperti dilansir laman setkab.go.id.

Sedangkan, pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh dijadwalkan pada Juni mendatang. Untuk DKI Jakarta, Gubernur dan Wagub akan dilantik pada Oktober sesuai berakhirnya masa tugas petahana.

Untuk pelantikan kepala daerah tingkat II yakni bupati/walikota, menurut Tjahjo, awalnya akan digelar pada waktu yang sama. Namun, ada yang diundur hingga 22 Mei dengan pertimbangan menunggu masa jabatan habis.

"Sama, tapi mundur 22 Mei. Jadi serentak gitu. Tahap pertama untuk yang jabatannya selesai," jelas Tjahjo.

Pilkada Serentak 2017 berlangsung pada 15 Februari lalu. Ada 101 daerah yang menggelar pesta demokrasi tersebut, yakni 7 provinsi, 18 kota, dan 76 kabupaten di seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.