Sukses

Kentalnya Nuansa Betawi di TPS Wapres Jusuf Kalla

JK akan mencoblos di TPS 03, Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK akan menggunakan hak pilih Pilkada DKI putaran kedua di TPS 03, Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan atau persis di belakang Hotel Dharmawangsa. Nuansa adat Betawi terlihat begitu kental di TPS tersebut.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, sepasang ondel-ondel diletakkan di gerbang masuk TPS. Terdapat dua pohon pisang lengkap dengan buahnya masing-masing di sebelah ondel-ondel.

Sepeda ontel dan deretan kursi kayu untuk antrean warga yang memilih semakin memperkuat nuansa Betawi. Ditambah petugas KPPS yang mengenakan baju khas Betawi berupa setelan kemeja warna hitam, peci, dan sarung dikalungkan di leher.

Begitu juga petugas KPPS perempuan yang mengenakan kebaya warna cerah. Alunan lagu keroncong yang diputar membuat nuansa Betawi di TPS tersebut semakin hidup.

Penjagaan di TPS ini cukup ketat. Meski tak ada pintu metal detektor, warga yang masuk ke TPS harus melalui pemeriksaan Paspampres yang berjaga di pintu masuk.

Selain JK, CEO PT Go-Jek Indonesia Nadiem Makarim juga bakal mencoblos di TPS tersebut. Namun hingga berita ini ditulis, baik JK dan keluarga maupun Nadiem belum terlihat.

Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua diikuti pasangan Ahok-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Berdasarkan perhitungan KPU DKI, dua pasangan ini lolos ke putaran kedua Pilkada DKI. Ahok-Djarot meraih 42,99 persen suara, sementara Anies-Sandiaga memperoleh 39,95 persen suara.

KPU DKI akan bekerja hingga 1 Mei 2017 untuk menyelesaikan rekapitulasi suara. Pada 5 atau 6 Mei 2017, KPU DKI menetapkan pemenang Pilkada DKI 2017.

 

*Ikuti Quick Count Pilkada DKI Jakarta dari tiga lembaga survei di Liputan6.com pada Rabu 19 April 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

Video Terkini