Sukses

Mendagri Yakin Pemungutan Suara Pilkada DKI Berlangsung Aman

Mendagri mengatakan, KPU, elemen masyarakat demokrasi, dan Pemprov DKI sudah maksimal memfasilitasi masyarakat untuk memilih di Pilkada DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Dua hari lagi warga DKI Jakarta akan memilih gubernur dan wakil gubernur 2017-2022. Pada Pilkada DKI putaran kedua ini, yang bertarung memperebutkan kursi DKI 1 adalah pasangan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok-Djarot Saiful Hidayat, dan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meyakini Pilkada DKI Jakarta putaran kedua akan berlangsung aman, berkat dukungan aparat dan elemen masyarakat serta tokoh agama dan politik.

"Aparat keamanan, khususnya kepolisian didukung TNI, elemen masyarakat, tokoh agama dan politik, akan mengamankan pilkada. Saya yakin semua pihak punya komitmen sama mewujudkan pelaksanaan pilkada di DKI dengan demokratis, aman, dan tertib," kata Tjahjo di Jakarta, Senin (17/4/2017).

Tjahjo mengingatkan, tujuan utama memilih gubernur dan wakil gubernur 5 tahun ke depan secara demokratis adalah untuk membangun daerah, meningkatkan kesejahteraan rakyat, serta menjadikan DKI Jakarta sebagai ibu kota negara yang modern, berbudaya, beriman, dan berbineka.

Menurut dia, pilkada akan sukses kalau tingkat partisipasi masyarakat pemilih DKI Jakarta secara maksimal tercapai.

Sejauh ini, kata Tjahjo, KPU dan elemen masyarakat demokrasi serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah maksimal memfasilitasi masyarakat untuk memilih.

"Dinamika begitu sangat dinamis menjelang hari-H pilkada, wajar karena pilkada merupakan barometer politik nasional menjelang Pilpres 2019. Tapi, jangan hanya karena pilkada hubungan kekerabatan masyarakat Indonesia, khususnya di DKI terpecah," kata mantan Sekjen PDI Perjuangan itu seperti dikutip dari Antara.

Tjahjo mengimbau seluruh pemilih datang ke TPS pada hari-H pencoblosan Pilkada DKI, 19 April 2017, dengan membangun kebersamaan dan memilih sesuai hati nurani.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Tjahjo Kumolo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia saat ini.
    Tjahjo Kumolo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia saat ini.

    Tjahjo Kumolo