Sukses

Kisah Anak dan Mantu Ratu Atut di Sidang DPRD Banten

Ketika keluarga Ratu Atut kembali memimpin Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan DPRD Banten membacakan pengumuman kepada seluruh anggota terkait pengangkatan Wahidin Halim (WH) dan anak mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Andika Hazrumy (Aa) menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Banten.

Pengumuman ini menjadi hal biasa di daerah manapun. Namun, yang menjadi menarik di Banten, ketika pemimpin DPRD memiliki hubungan kekerabatan dengan sang calon pemimpin daerah.

Salah seorang Pimpinan DPRD Banten Ade Rossi Chaerunisa merupakan istri dari Wakil Gubernur Banten yang merupakan anak dari mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Andika Hazrumy.

"Pengesahan pengangkatan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih disampaikan oleh DPRD provinsi kepada presiden melalui menteri dalam negeri," kata Ade saat membuka persidangan di ruang rapat paripurna DPRD Banten, Rabu, 12 April 2017.

"Jika tidak disampaikan dalam waktu lima hari kerja, maka presiden mengesahkan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih melalui putusan resmi KPU," tambah dia

Dengan mata berkaca-kaca, menantu Ratu Atut Chosiyah yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Banten itu pun lanjut membacakan surat edaran (SE) Mendagri nomor 120/2033/Otda, tentang pengesahan pengangkatan dan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, walikota, dan wakil walikota.

Pengumuman Gubernur dan Wakil Gubernur Banten terpilih ini sesuai Surat Keputusan (SK) DPRD Banten bernomor 04/P/DPRD/IV/2017, tentang penetapan hasil Cagub dan Cawagub Banteb terpilih tahun 2017.

Namun, seluruh anggota DPRD Banten asal PDIP tak menghadiri pengumuman tersebut. Termasuk Asep Rahmatullah yang menjabat sebagai Ketua DPRD Banten.

"Perlu diberitahukan bahwa seluruh anggota DPRD Provinsi Banten dari PDIP tidak bisa hadir karena mengikuti bimbingan teknis dari DPP PDIP di Jakarta," tegas Ade.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.