Sukses

Ketua KPU DKI Sebut 6 Elemen Masyarakat di Debat Akhir, Netral

Enam elemen masyarakat ini telah diseleksi oleh tim panelis debat Pilkada DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Debat Pilkada DKI putaran kedua ini menghadirkan enam elemen masyarakat. Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno, mengatakan keenam elemen masyarakat ini telah diseleksi oleh tim panelis yang terdiri dari para guru besar sosiolog, ekonom dan ahli tata kota.

Oleh karena itu, kenetralan keenam elemen itu dapat dipertanggungjawabkan.

"Hadirin komunitas ini sudah diseleksi oleh panelis, sehingga tak ada afiliasi kepada siapapun," ujar Sumarno di Hotel Bidakara, tempat debat Pilkada DKI, di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (12/4/2017) malam.

Elemen masyarakat ini terdiri dari komunitas pedagang kecil, pengusaha UMKM, penghuni rusun atau yang belum memiliki ruamh layak, nelayan, pengguna transportasi umum, kelompok marjinal dan kaum disabilitas.

Debat final yang dimoderatori Ira Koesno ini memiliki tema "Dari Masyarakat untuk Jakarta" memiliki tiga sesi. Sesi pertama berisi tanya jawab dari moderator ke para kandidat. Pertanyaan ini merupakan hasil rumusan dari panelis.

Lalu, di sesi kedua, barulah enam elemen masyarakat tersebut memiliki kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan dua pasangan calon. Pada sesi terakhir, kedua pasangan calon melakukan debat Pilkada DKI terkait programnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.