Sukses

Debat Pilkada DKI Terdiri dari 6 Segmen, Apa Saja Isinya?

Debat Pilkada DKI 2017 putaran kedua hanya dilakukan satu kali. Ira Koesno menjadi moderator.

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner KPU DKI Betty Idroos mengatakan, debat Pilkada DKI putaran dua akan dilakukan dalam enam segmen.

Pertama seremoni pembukaan oleh Ira Koesna selaku pembawa acara. Dia akan membacakan tata tertib, perkenalan panelis.

"Kedua, pertanyaan dari komunitas (perwakilan masyarakat)," ujar Betty di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Untuk segmen ketiga, lanjut dia, pertanyaan masih dari komunitas. Segmen keempat adalah sebagian komunitas dan juga nanti pertanyaan cawagub dengan cawagub,

"Diisi mereka berdebat (gagasan)," kata Betty.

Segmen kelima adalah saling tanya dari cagub dengan cawagubnya. Lalu keenam adalah closing question dan kemudian komitmen sebagai calon gubernur dan wakil gubernur mengajak khalayaknya untuk memilih mereka.

Ada 15 orang dari tiap komunitas diundang KPU DKI.

"Untuk jumlah sekira total ada 75 orang kami undang," ujar Betty.

Kelompok masyarakat terdiri dari komunitas pedagang kecil, pengusaha UMKM, penghuni rumah susun atau yang belum memiliki tempat tinggal (layak), dan juga masyarakat nelayan.

Ada pula warga pengguna transportasi umum dan para kelompok marjinal yang sulit mendapat akses untuk menyampaikan aspirasi kepada pemimpin.

Debat Pilkada DKI 2017 putaran kedua hanya dilakukan satu kali. Pilkada DKI putaran kedua menyisakan dua pasangan calon, yakni Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok - Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan - Sandiaga Uno.

Di Pilkada DKI putaran pertama, pasangan Ahok-Djarot menjadi pemenang dengan peraihan suara 42,96 persen, sementara Anies-Sandi 39,97 persen. Mereka unggul dari pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, yang mendapat 17,06 persen.

Acara debat digelar di Hotel Bidakara, Jakarta. KPU DKI kembali menunjuk Ira Koesno sebagai moderator. Dalam debat ini, KPU DKI melibatkan masyarakat untuk juga menyampaikan pertanyaan.

 


[vidio:[12 April 19:00] Live Streaming Debat Pamungkas Pilkada DKI 2017]()

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini