Sukses

Djarot Pertanyakan Lokasi Program Rumah Anies - Sandiaga

Djarot menambahkan, dengan harga yang dicanangkan, hanya dapat untuk pembelian apartemen ataupun rumah susun (rusun) saja.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil gubernur petahana DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mempertanyakan lokasi yang disebutkan oleh rivalnya di pilkada, Anies Baswedan, terkait program pembelian rumah dengan harga Rp 350 juta hingga Rp 500 juta.

"Kalaupun ada rumah harga segitu itu mungkin di Bogor, Tangerang, Bekasi. Seinget saya di Jakarta itu sulit," ucap Djarot di Jakarta Timur, Rabu (29/3/2017).

Selain itu, mantan Wali Kota Blitar itu menambahkan dengan harga yang dicanangkan, hanya dapat untuk pembelian apartemen ataupun rumah susun (rusun) saja.

"Kalau pembelian rumah lantai satu atau dua susah. Pengin tahu di mana lokasinya, saya juga mau beli," ujar dia.

Dalam situs resmi Anies-Sandi, jakartamajubersama.com, dijelaskan program Down Payment (DP) nol rupiah adalah kredit murah berbasis tabungan bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Program yang dikhususkan untuk warga DKI menengah ke bawah dengan menyasar hunian seharga Rp 350 juta di Jakarta.

Menurut program Anies-Sandiaga ini, uang muka akan ditalangi pemerintah provinsi. Konsumen tetap harus mencicil uang muka tersebut. Namun, sebelum diberikan talangan uang muka ini, konsumen sudah memiliki tabungan sebesar Rp 13,8 juta atau Rp 2,3 juta selama 6 bulan.

Syarat ini untuk menunjukkan bahwa penerima manfaat rumah DP nol rupiah tersebut memiliki kemampuan untuk melunasi harga rumah sepenuhnya.

Bila konsumen sudah memenuhi syarat tersebut dan lolos penilaian, maka konsumen bisa mencicil rumah sebesar Rp 2,3 juta selama 20 tahun atau 240 bulan dengan asumsi bunga bank untuk Program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini