Sukses

Bawaslu: Istri Ahok Tak Terbukti Langgar Pemilu

Panwaslu Jakarta Timur mengatakan warga tak bisa membuktikan pelanggaran pemilu yang dilakukan istri Ahok, Veronica Tan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta, Mimah Susanti, menyatakan tak ada pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh istri Ahok, Veronica Tan. Keputusan ini dilakukan setelah panwaslu menggali dugaan pelanggaran kampanye ketika Veronica menghadiri pembagian sumbangan dari Partai Nasdem di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Kamis 16 Maret 2017.

"Itu keputusan Panwaslu Jakarta Timur, bahwa tidak terbukti (melanggar kampanye)," ujar Mimah kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (27/3/2017).

Mimah mengatakan, usai peristiwa itu, Bawaslu akan mengeluarkan imbauan kepada lurah, RT, RW dan posyandu di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, untuk hati-hati jika menerima bantuan.

Selain itu, Bawaslu juga akan memberikan imbauan kepada Partai Nasdem. Sebab, dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan istri Ahok itu terjadi ketika ia memberikan sumbangan korban banjir bersama perempuan-perempuan Partai Nasdem.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawa Pemilu (Panwaslu) Jakarta Timur, Sahroji, mengatakan keputusan bahwa Veronica Tan tak melanggar pemilu setelah melakukan klarifikasi kepada warga.

"Ini kan berdasarkan laporan warga, kami klarifikasi ke warga. Tetapi mereka tidak punya bukti, padahal awalnya mereka mengaku punya bukti," kata Sahroji.

Sementara bukti lain mengatakan, Veronica Tan tidak berkampanye di posyandu. Di sana, dia hanya menyampaikan soal kesehatan balita dan ibu. "Penyampaian kampanye tidak bisa dibuktikan," tandas dia.

Sahroji mengimbau agar masyarakat berhati-hati ketika ingin menyumbang.

"Jangan dibagikan di posyandu. Silakan ke masyarakatnya. Nanti bisa disalahartikan," ujar Sahroji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Veronica Tan adalah istri dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
    Veronica Tan adalah istri dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

    Veronica Tan

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

Video Terkini