Sukses

Anies - Sandi Target Kumpulkan Dana Kampanye Rp 19,8 Miliar

Sandiaga mengatakan, jika target Rp 19,8 miliar terkumpul separuh saja dirinya sudah bersyukur.

Liputan6.com, Jakarta - Calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Anies Basdwedan-Sandiaga Uno menargetkan dapat Rp 198 miliar untuk dana kampanye pilkada putaran kedua.

"Akhirnya dana yang kami siapkan untuk putaran kedua sudah sepakati dengan tim kampanye di angka Rp 19,8 miliar," ujar Sandiaga Uno di kawasan Gedung Joang, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 21 Maret 2017.

Menurut Sandiaga, pengumpulan dana itu sangat efisien mengingat sumber daya yang terbatas dibanding rivalnya Ahok-Djarot.

"Tentunya ini yang membuat kami berputar otak walaupun pagu-nya (batas tertinggi) adalah Rp 35 miliar lebih tapi kami harus tekan serendah mungkin, se-efisien mungkin," jelas Sandiaga.

Menurut Sandiaga, Rp 19,8 miliar ini adalah dana yang sangat besar dan bakal jadi tantangan untuk membuat laporan keuangan yang bisa dipercaya.

Lalu apakah dana itu sebagian besar dari uang pribadi?

"Masih lagi dihitung. Mungkin serendah-rendahnya. Kita pastikan penggalangan dana lebih besar lagi dari pihak ketiga. Saya sampaikan ke tim kampanye usahakan sebanyak mungkin dari para simpatisan, para donatur kita lihat nanti yang akan datang," kata Sandiaga Uno.

Sandiaga pun mengaku jika target dana sebanyak Rp 19,8 miliar tersebut belum terkumpulkan semua tetapi dirinya sudah mulai menyumbangkan dana dari kocek pribadinya terlebih dahulu.

"Kemarin saya beri talangan Rp 5 sampai Rp 7 miliar. Nanti kita lihat. Talangan itu jadi kayak bridge ya, jadi kayak memberikan dana kepada tim kampanye untuk mereka bisa bergerak. Karena kan ini sudah mulai dari tanggal 7 Maret. Sudah hampir dua bulan lebih. Jadi butuh pendanaan. Sementara yang dari simpatisan belum masuk semua. Jadi saya beri dana talangan supaya bergerak. Sifatnya bukan pinjaman," kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, jika target Rp 19,8 miliar terkumpul separuh saja dirinya sudah bersyukur. Meski demikian dirinya siap menanggung kekurangan dana kampanye tersebut.

"Saya berharap nggak tapi seandainya iya saya siap," ucap Sandiaga.

Berbeda dengan Sandiaga Uno, jika dana yang ditargetjkan tak terkumpul, maka Anies Baswedan mengaku tak akan mengubah nominal sumbangan yang akan dia berikan untuk kampanye.

"Tetap Rp 500 juta," ucap Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.