Sukses

Penghitungan Suara Pilkada Banten Dijaga Ketat

Polisi mensterilisasi lokasi penghitungan manual Pilkada Banten hingga radius 50 meter.

Liputan6.com, Jakarta - KPU Provinsi Banten hari ini menggelar penghitungan manual Pilkada Banten di Hotel Royal Krakatau, Kota Cilegon yang dijaga oleh 830 personel gabungan, bahkan melibatkan Brimob Polda Lampung.

"Pengamanan yang di-back up dari Polda Banten dan juga dari Polda Lampung serta dari TNI dan pemerintah setempat, yaitu Dishub dan Pol PP. Jadi, untuk keseluruhan pengamanan dari Polri 730, kemudian dari instansi terkait ada 100 orang," kata AKBP Raden Romdon Natakusumah, Kapolres Cilegon, Minggu (26/02/2017).

Romdon menjelaskan, penjagaan telah dilakukan sejak H-1 penghitungan manual tingkat provinsi guna menjaga keamanan kotak suara Pilkada Banten. Sedangkan, pada pelaksanaannya hari ini, petugas kepolisian melakukan penutupan arus lalu lintas di depan Hotel Royal Krakatau.

"Karena kegiatan ini terbuka dan terbatas, sehingga kita menyekat, jadi mohon maaf untuk massa yang tidak diundang nanti tidak bisa (masuk) ke dalam hotel. Bahkan radius 50 meter akan kita sekat," terang dia.

Penjagaan dan pemeriksaan berlapis pun dilakukan. Kendaraan yang masuk ke dalam parkiran hotel akan diperiksa secara ketat. Sedangkan, peserta penghitungan suara Pilkada Banten yang akan memasuki ruangan penghitungan suara akan melewati dua pintu metal detektor.

"Untuk teknis kegiatan semuanya nanti akan kita lakukan pemeriksaan, selain tamu yang diundang itu tidak boleh masuk," tegas Romdon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.