Sukses

KPU Bangka Tengah Nilai Masyarakat Semakin Cerdas Berdemokrasi

Hal tersebut tercermin dalam pilkada serentak kemarin.

Liputan6.com, Koba - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menilai masyarakat di daerah itu sudah semakin cerdas berdemokrasi. Hal tersebut tercermin dalam pilkada serentak kemarin.

"Masyarakat sudah semakin cerdas berdemokrasi, semakin cerdas menyikapi politik dalam Pilkada 15 Februari 2017," kata Ketua KPU Bangka Tengah, Suryansyah, di Koba, seperti dilansir dari Antara, Sabtu (25/2/2017).

Dia menjelaskan, salah satu indikator tingkat kecerdasan masyarakat berdemokrasi adalah tingginya partisipasi pemilih dalam pilkada. Juga tidak ada terjadi konflik kendati berbeda pilihan.

"Kondisi ini pantas kami apresiasi, masyarakat sudah semakin sadar berdemokrasi dengan menggunakan hak pilih dengan baik sesuai hati nurani tanpa ada intervensi," ujar Suryansyah.

Dia juga mengatakan kedewasaan berpolitik warga tentu tidak lepas dari upaya bersama baik penyelenggara, peserta pilkada dan masyarakat itu sendiri.

"Saya pikir sudah sewajarnya masyarakat semakin dewasa dan cerdas menyikapi pesta demokrasi karena sudah cukup lama berjajalan di negeri ini," ucap Suryansyah.

Dia juga mengatakan Pilkada Babel di Bangka Tengah berjalan sesuai harapan dan tidak ada ditemukan persoalan pelik yang dapat mencederai demokrasi.

"Semua berjalan sangat baik, masyarakat cinta damai, kompak dan menjunjung tinggi azas demokrasi. Tentu ini patut didukung para elite politik di daerah ini," kata Suryansyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini